Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kolombia Usir Dubes Israel di Tengah Konflik Gaza

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 17 Oktober 2023, 12:06 WIB
Kolombia Usir Dubes Israel di Tengah Konflik Gaza
Duta Besar Israel untuk Kolombia, Gali Dagan/Net
rmol news logo Duta Besar Israel untuk Kolombia, Gali Dagan diperintahkan untuk meminta maaf dan pergi meninggalkan negara itu, menyusul perseteruan serius dengan Presiden Gustavo Petro terkait konflik jalur Gaza.

Menteri Luar Negeri Kolombia, Alvaro Leyva mengatakan seruan untuk kepergian Dagan dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri pada Senin (16/10).

Menurut penuturan Levya, keputusan itu dibuat untuk mengecam kritikan keras pemerintah Israel terhadap komentar Presiden Petro di media sosial.

"Gali Dagan, setidaknya harus meminta maaf dan pergi setelah dia mengkritik komentar Petro mengenai perbandingan serangan Israel di Gaza dengan penganiayaan Nazi terhadap orang-orang Yahudi," tegasnya, seperti dimuat Al Arabiya.

Dalam sebuah postingan di platform X, Petro menuduh Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant menggunakan diksi "hewan" untuk menyebut masyarakat Gaza, mirip dengan apa yang diucapkan Nazi terhadap orang-orang Yahudi.

Petro mengecam komentar Gallant dan menegaskan bahwa masyarakat demokratis tidak bisa membiarkan Nazisme kembali berkuasa dalam politik internasional.

Pada Minggu (15/10), jurubicara Kemlu Israel Lior Haiat memanggil Dubes Kolombia untuk Israel, Margarita Manjarrez karena pernyataan permusuhan dan anti-Semit yang dikeluarkan Presiden Petro.

Jubir menuduh Petro mendukung kekejaman yang dilakukan oleh teroris Hamas, memicu anti-Semitisme, mempengaruhi perwakilan Negara Israel dan mengancam perdamaian komunitas Yahudi di Kolombia.

Sebagai tanggapan lebih lanjut, Israel di hari yang sama mengatakan pihaknya menghentikan ekspor senjata keamanan ke Kolombia karena perselisihan diplomatik yang meningkat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA