Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Mulai Produksi Kapal Selam Senjata Nuklir Generasi Baru "Type 096"

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 09 Oktober 2023, 12:57 WIB
China Mulai Produksi Kapal Selam Senjata Nuklir Generasi Baru "Type 096"
Kapal selam Type 094 buatan China/Net
rmol news logo China kembali membuat terobosan dalam industri pertahanannya. Beijing dilaporkan memulai produksi kapal selam bersenjata nuklir (SSBN) generasi baru untuk pertama kalinya.

Para analis percaya kapal selam rudal balistik Type 096 akan rampung sebelum akhir dekade ini. Mereka juga meyakini produksi kapal selam ini sebagian dibantu oleh teknologi Rusia.

“Type 096 akan menjadi mimpi buruk. Mereka akan sangat, sangat sulit dideteksi," kata pensiunan awak kapal selam dan analis intelijen teknis angkatan laut Christopher Carlson.

Type 096 diyakini akan jauh lebih senyap dibanding pendahulunya Type 094, yang kerap digunakan Angkatan Laut Tentara Pembela Rakyat (PLA) China untuk berpatroli di Laut China Selatan.

Sebuah makalah yang diterbitkan oleh China Maritime Studies Institute pada Agustus mencatat, kapal selam Type 096 akan setara dengan kapal selam canggih Rusia, baik dalam sensor hingga senjata.

Type 096 kemungkinan akan jauh lebih besar daripada Type 094, sehingga memungkinkan untuk merakit penyangga karet yang berfungsi meredam kebisingan mesin dan suara lain. Desain ini mirip dengan milik Rusia.

China sendiri telah mengembangkan SSBN selama lebih dari 50 tahun. Citra satelit yang diambil pada November di galangan kapal Huludao menunjukkan tengah dilakukan pengembangan bagian lambung kapal.

Laporan tahunan Pentagon menyebut kapal selam Type 96 kemungkinan dapat beroperasi pada tahun 2030. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA