Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Meksiko: Pemerintah AS Tidak akan Benar-benar Bangun Tembok Perbatasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 07 Oktober 2023, 11:56 WIB
Presiden Meksiko: Pemerintah AS Tidak akan Benar-benar Bangun Tembok Perbatasan
Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez
rmol news logo Pembangunan tembok baru di perbatasan Meksiko dan Amerika Serikat dicurigai tidak akan benar-benar dilakukan oleh pemerintah AS.

Pada Jumat (6/10), Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador, mengungkapkan keraguannya bahwa pembangunan yang direncanakan akan terlaksana.

“Ini murni publisitas. Mereka tidak mau (membangun lebih banyak bagian tembok), itu yang mereka katakan kepada kami,” kata Lopez Obrador dalam konferensi persnya.

Mengutip Reuters, Sabtu (7/10), Presiden Meksiko itu menegaskan pandangannya bahwa pembangunan tambahan tembok perbatasan bukanlah solusi yang sesuai untuk mengatasi masalah migrasi.

“Kami selalu berbicara tentang mengatasi akar permasalahannya,” tambahnya.

Pernyataan presiden itu datang setelah pemerintahan Joe Biden mengumumkan akan membangun bagian tambahan tembok perbatasan, yang meneruskan kebijakan khas pemerintahan Presiden sebelumnya, Donald Trump.

Pengumuman tersebut telah memicu kontroversi, pasalnya Biden disebut telah melanggar janjinya sendiri untuk tidak menggunakan dana pajak Amerika untuk membangun tembok perbatasan yang dipegang teguh sejak kampanye presiden pada tahun 2020.

Namun, keputusan itu terpaksa diambil di tengah lonjakan penyeberangan imigran ilegal yang sedang dihadapi oleh pemerintahan Biden, terutama migran yang menyebrangi perbatasan dengan Meksiko secara ilegal. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA