Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Qin Gang Belum Terdengar Kabarnya, Kini Menhan China Ikut Menghilang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 14 September 2023, 08:43 WIB
Menlu Qin Gang Belum Terdengar Kabarnya, Kini Menhan China Ikut Menghilang
Menteri Pertahanan China Jenderal Li Shangfu/Net
rmol news logo Setelah hampir dua pekan tidak tampil di hadapan umum, keberadaan Menteri Pertahanan China Jenderal Li Shangfu mulai menimbulkan desas-desus.

Kabar hilangnya Li dari mata publik muncul setelah Presiden Xi Jinping mengganti sejumlah pejabat tinggi pemerintah China, termasuk menteri luar negerinya dan dua jenderal militer yang mengawasi persenjataan nuklir dan rudal negara tersebut.

Menurut The Independent, Jenderal Li terakhir kali terlihat di depan umum pada tanggal 29 Agustus, ketika ia menyampaikan pidato utama pada Forum Perdamaian dan Keamanan China-Afrika ketiga di Beijing.

Pada bulan yang sama, muncul laporan bahwa Xi telah melakukan perombakan besar-besaran dengan mengganti dua jenderal pasukan roket yang mengawasi persenjataan nuklir dan rudal negara tersebut.

Kedua jenderal tersebut, Li Yuchao, kepala unit kekuatan roket Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), dan wakilnya, Liu Guangbin, sudah tidak terlihat di depan umum selama berbulan-bulan.

Pada Juli 2023, publik juga sempat dihebohkan dengan menghilangnya Menteri Luar Negeri Qin Gang yang tidak terlihat di depan umum selama lebih dari tiga minggu yang berujung kabar pemecatan.

Qin terakhir terlihat pada 25 Juni ketika dia bertemu dengan pejabat yang berkunjung dari Sri Lanka, Rusia dan Vietnam.

Sejak itu, diplomat berusia 57 tahun tersebut, yang merupakan orang kepercayaan Xi, tidak lagi terlihat di depan umum di tengah rumor perselingkuhannya dengan seorang presenter TV.

Pendahulu Qin, Wang Yi, kemudian mengambil peran senior.

Kabar mengenai ketidakmunculan Li dikomentari utusan AS untuk Jepang, Rahm Emanuel.

Menulis di media sosial, Emmanuel bahkan menyamakan perombakan pemerintahan, yang paling dikejutkan oleh pemecatan Menteri Luar Negeri Qin Gang, telah mendapat tanggapan menarik dari seorang diplomat terkemuka AS yang menyamakannya dengan novel Agatha Christie.

“Susunan kabinet Presiden Xi sekarang mirip dengan novel Agatha Christie 'And Then There Were None',” tulisnya di X, seperti dikutip dari The Independent, Kamis (14/9).

“Pertama, Menteri Luar Negeri Qin Gang hilang, kemudian komandan pasukan roket hilang, dan sekarang Menteri Pertahanan Li Shangfu tidak terlihat di depan umum selama dua minggu," lanjutnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA