Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tingkatkan Kerja Sama, Putra Mahkota Arab Saudi Temui PM Modi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 11 September 2023, 19:20 WIB
Tingkatkan Kerja Sama, Putra Mahkota Arab Saudi Temui PM Modi
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman berjabat tangan setelah mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri India Narendra Modi di New Delhi pada 11 September 2023/Net
rmol news logo Setelah menghadiri KTT G20 di New Delhi, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri India Narendra Modi pada Senin (11/9).

Seperti dikutip The National News, Pangeran Arab Saudi dan PM Modi memimpin pertemuan pertama para pemimpin Dewan Kemitraan Strategis India-Arab Saudi.

Dalam kesempatan itu, Pangeran MBS memuji hubungan India dan Semenanjung Arab yang disebut telah ada sejak 1000 tahun lalu, dan terus membangun hubungan yang semakin erat dalam beberapa tahun terakhir ini.

"India telah membantu membangun Arab Saudi selama 70 tahun terakhir”, kata Pangeran Arab Saudi.

Dalam bagiannya, PM Modi turut memuji hubungan kedua negara, dengan menyebut bahwa Arab Saudi sejauh ini telah menjadi salah satu mitra negaranya yang paling strategis.

“Empat tahun terakhir telah diadakan rapat-rapat komite sehingga gotong royong semakin meningkat di segala bidang. Pertemuan hari ini akan memberikan energi baru dan arah baru dan bersama-sama kita akan bekerja demi kemanusiaan,” kata Modi setelah pertemuan itu.

Menurut Modi, kerja sama antara dua negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar dan tercepat di dunia dapat membantu menciptakan perdamaian dan stabilitas di seluruh kawasan.

Seperti diketahui India merupakan mitra dagang terbesar kedua Arab Saudi, sementara Arab Saudi sendiir adalah mitra dagang terbesar keempat India.

Dalam resepsi seremonial itu, Pangeran Mohammed berkomitmen bahwa kunjungan kenegaraannya ini akan menghasilkan hubungan yang semakin terpelihara, dengan kerja sama yang akan ditingkatkan.

"Dengan kepemimpinan Perdana Menteri India Narendra Modi, saya yakin hal ini akan terjadi," tegasnya.

Menurut catatan, perdagangan antara kedua negara itu telah mencapai angka tertinggi sepanjang masa sebesar 52,75 miliar dolar (Rp 810 triliun) antara 2022 dan 2023.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA