Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di ASEAN-China Summit, Jokowi Dorong Peningkatan Kerja Sama dan Rasa Saling Percaya dengan China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 06 September 2023, 10:23 WIB
Di ASEAN-China Summit, Jokowi Dorong Peningkatan Kerja Sama dan Rasa Saling Percaya dengan China
Presiden RI Joko Widodo saat membuka sesi ASEAN-China Summit 2023 pada Rabu, 6 September 2023/Youtube
rmol news logo Hari kedua KTT ke-43 ASEAN, Presiden RI Joko Widodo membuka sesi ASEAN-China Summit 2023 pada Rabu (6/9).

Sesi ini diselenggarakan di Cenderawasih Room 3, Jakarta Convention Center (JCC) dengan kehadiran Perdana Menteri China, Li Qiang. Dalam pembukaan sesi tersebut, Jokowi menyerukan kerja sama konkret yang saling menguntungkan antara ASEAN dengan RRC.

Jokowi menuturkan bahwa tahun ini, RRC dan ASEAN menandai 20 tahun aksesi China terhadap Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama (TAC).

Untuk itu, dalam kesempatan tersebut, Presiden RI menyerukan perlunya meningkatkan kolaborasi, di tengah situasi dunia saat ini.

"Hal tersebut hanya bisa dilakukan jika kita memiliki trust satu sama lain, yang tentu saja harus dibangun dan dipelihara oleh semua pihak," ujar Jokowi di hadapan PM Li.

Jokowi memaparkan, salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh kedua belah pihak yaitu dengan menghormati hukum internasional.

Dengan menerapkan rasa saling percaya, dan menghormati hukum internasional, menurut Jokowi kemitraan strategis tersebut dapat menciptakan kekuatan positif bagi stabilitas dan perdamaian kawasan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA