Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Singapura dan China Kembali Gelar Latihan Militer Bersama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 28 Agustus 2023, 16:53 WIB
Singapura dan China Kembali Gelar Latihan Militer Bersama
Angkatan Laut Singapura/Net
rmol news logo Setelah tertunda hampir empat tahun akibat pandemi Covid-19, Singapura dan China kembali melanjutkan latihan militer bersama rutin tahunan mereka.

Menurut Kementerian Pertahanan Singapura pada Senin (28/8), latihan yang berfokus pada kontraterorisme itu akan berlangsung selama dua minggu, dan mulai dilaksanakan pada 1 September mendatang.

Keberlanjutan latihan militer China dan Singapura mencerminkan hubungan bilateral berkelanjutan yang terus dibangun kedua negara hingga kini.

“Latihan ini menggarisbawahi hubungan pertahanan bilateral yang hangat dan bersahabat antara Singapura dan China," ungkap Kementerian dalam sebuah pernyataan tersebut, seperti dimuat Bloomberg.

Awal tahun ini, kedua negara menggelar latihan bersama di atas kapal Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA). Latihan mencakup pendaratan  helikopter, pendekatan pengisian ulang di laut, simulasi transit di ladang ranjau, serta pencarian dan penyelamatan.

Selain latihan bersama, militer Singapura dan China juga akan berinteraksi secara teratur melalui kunjungan lintas kursus dan kunjungan ke pelabuhan masing-masing.

China disinyalir tengah memperkuat hubungannya dengan negara di Asia Tenggara di tengah persaingan ketat dengan AS dan upayanya menguasai negara demokratis Taiwan.

Sementara itu, Singapura tetap memiliki hubungan dekat dengan militer AS dan sering menjadi tuan rumah latihan kapal perang Washington.

Saat ini, Singapura tengah menunggu pengiriman pesawat tempur F-35 terbaru yang diperkirakan dapat diterima beberapa tahun ke depan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA