Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Junta Niger Siagakan Pasukan ke Level Maksimum untuk Hadapi Agresi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 27 Agustus 2023, 08:16 WIB
Junta Niger Siagakan Pasukan ke Level Maksimum untuk Hadapi Agresi
Polisi Niger/Net
rmol news logo Junta di Niger telah memerintahkan pasukan angkatan bersenjata untuk berada dalam siaga tertinggi dengan alasan meningkatnya ancaman serangan.

Perintah dikeluarkan lewat dokumen internal yang tersebar luas pada Sabtu (26/8). Pasukan Niger diminta untuk berada dalam siaga maksimum yang memungkinkan pasukan untuk merespons secara memadai jika terjadi serangan.

“Ancaman agresi terhadap wilayah nasional semakin terasa,” begitu isi perintah tersebut, seperti dikutip Al Arabiya.

Blok utama Afrika Barat, ECOWAS, telah berusaha bernegosiasi dengan para pemimpin kudeta, namun menyatakan siap mengerahkan pasukan untuk memulihkan ketertiban konstitusional jika upaya diplomatik gagal.

Pada Jumat (25/8), ECOWAS meremehkan ancaman ini dan mengatakan bahwa mereka bertekad untuk melakukan segala upaya untuk mengakomodasi upaya diplomatik, meskipun intervensi tetap menjadi salah satu opsi yang ada.

“Untuk menghindari keraguan, izinkan saya menyatakan dengan tegas bahwa ECOWAS tidak menyatakan perang terhadap rakyat Niger, juga tidak
ada rencana, seperti yang dikatakan, untuk menyerang negara ini,” kata Presiden Komisi ECOWAS Omar Alieu Touray.

Keputusan blok tersebut pada awal Agustus untuk mengaktifkan kekuatan siaga untuk kemungkinan intervensi telah menimbulkan kekhawatiran akan eskalasi yang selanjutnya dapat mengganggu stabilitas wilayah Sahel yang dilanda pemberontakan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA