Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setelah Kudeta Militer, Niger Hadapi Serangan Kelompok Ekstremis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 17 Agustus 2023, 03:25 WIB
Setelah Kudeta Militer, Niger Hadapi Serangan Kelompok Ekstremis
Demonstrasi di Niamey, Niger pada 27 Juli 2023/Net
rmol news logo Kudeta militer bukan hanya satu-satunya persoalan di Niger. Lantaran negara Afrika Barat itu juga harus menghadapi serangan kelompok ekstremis.

Gerilyawan menewaskan 17 tentara dan melukai hampir 24 orang dalam serangan besar pada Selasa sore (15/8). Itu adalah serangan pertama dalam setengah tahun terhadap tentara di Niger.

Kementerian Pertahanan melaporkan sebuah detasemen militer diserang Selasa sore saat bergerak antara desa Boni dan Torodi di wilayah Tillabe.

“Apa yang kita saksikan hari ini adalah faksi (ekstremis) yang bertikai, kelompok (ISIS) dan (afiliasi Al Qaeda Jama'at Nusrat al-Islam wal-Muslimin), menandai wilayah mereka karena kekosongan keamanan yang disebabkan oleh kudeta," kata peneliti senior di lembaga think tank Soufan Center, seperti dikutip Al Arabiya.

Serangan tersebut muncul di tengah kekhawatiran terkait intervensi militer yang akan dilakukan oleh blok negara-negara Afrika Barat, ECOWAS ke Niger.

Negara-negara tetangga mengancam intervensi militer lantaran pemerintahan Presiden Mohammed Bazoum yang digulingkan tidak dikembalikan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA