Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ditekan AS, Pakistan Setop Megaproyek Pipa Gas dengan Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 08 Agustus 2023, 12:10 WIB
Ditekan AS, Pakistan Setop Megaproyek Pipa Gas dengan Iran
Proyek pipa gas Iran-Pakistan/Net
rmol news logo Pakistan memutuskan untuk menangguhkan proyek pipa bernilai miliaran dolar dengan Iran. Keputusan ini diduga turut dicampuri oleh tekanan dari Amerika Serikat (AS).

Proyek ini awalnya merupakan kerja sama trilateral antara India, Pakistan, dan Iran. Namun kemudian berkembang menjadi kerja sama bilateral antara Pakistan dan Iran karena India memutuskan untuk menarik diri. Proyek ini bertujuan untuk mengimpor energi hemat biaya dari negara tetangga Iran.

Namun, pelaksanaan proyek tersebut terhambat oleh sanksi ekstensif yang dikenakan pada Iran oleh AS.

Mengutip Wio News, Pakistan dilaporkan telah mengeluarkan pemberitahuan "Force Majeure and Excusing Event" ke Iran, secara resmi menangguhkan kewajiban kontraknya sehubungan dengan proyek pipa gas Iran-Pakistan (IP) bernilai miliaran dolar.

Waktu pengambilan keputusan ini sangat penting karena Pakistan bergulat dengan kebutuhan mendesak untuk menstabilkan ekonominya yang tertekan secara finansial.

Untuk mengatasi hal ini, Pakistan telah meminta bantuan dari Dana Moneter Internasional (IMF), yang telah setuju untuk memberikan pinjaman besar sebesar 3 miliar dolar AS.

Sementara itu, penangguhan proyek pipa gas menimbulkan kekhawatiran yang signifikan, terutama mengingat kekurangan energi yang akut di Pakistan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA