Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China-Rusia Latihan Gabungan di Dekat Pantai Alaska, AS Kerahkan Kapal Perusak dan Pesawat Pengintai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 06 Agustus 2023, 14:27 WIB
China-Rusia Latihan Gabungan di Dekat Pantai Alaska, AS Kerahkan Kapal Perusak dan Pesawat Pengintai
Ilustrasi/Net
rmol news logo Aktivitas China dan Rusia di dekat wilayah Amerika Serikat (AS) memicu ketegangan di Washington. Baru-baru ini, Beijing dan Rusia menggelar operasi angkatan laut bersama di dekat pantai Alaska.

Fox News pada Minggu (6/8) melaporkan, operasi gabungan ini terdiri dari 11 kapal. Mereka mendekati pantai barat daya Alaska pada awal pekan ini.

Senator Republik dari Alaska, Dan Sullivan mengungkap, aktivitas ini membuat Angkatan Laut AS mengerahkan empat kapal perusak untuk mengawasi kapal China dan Rusia.

“Ini belum pernah terjadi sebelumnya dalam hal ukuran dan ruang lingkup, gugus tugas angkatan laut gabungan antara Rusia dan China bekerja sama sangat erat,” kata Sullivan.

The Wall Street Journal pertama kali melaporkan operasi bersama China dan Rusia pada Sabtu (5/8).

“Ini memperkuat gagasan ini bahwa kita telah memasuki era baru agresi otoriter yang dipimpin oleh para diktator di Beijing dan Moskow yang semakin agresif,” lanjut Sullivan.

Selain empat kapal perusak yang dimobilisasi, AS juga mengirim pesawat P-8 Poseidon untuk membayangi kapal-kapal China dan Rusia dari pantai Alaska. Kapal-kapal itu mendekati Kepulauan Aleutian, tetapi tidak pernah memasuki perairan teritorial AS. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA