Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

ECOWAS Kirim Delegasi ke Niger untuk Negosiasi dengan Junta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 03 Agustus 2023, 03:57 WIB
ECOWAS Kirim Delegasi ke Niger untuk Negosiasi dengan Junta
Militer Niger mengklaim telah menggulingkan pemerintahan/Net
rmol news logo Blok negara-negara Afrika Barat, ECOWAS, mengirim tim ke Niger untuk melakukan negosiasi dengan junta usai kudeta militer yang berlangsung pada pekan lalu.

Menurut Al Jazeera, delegasi ECOWAS dikirim ke Niger pada Rabu (2/7) untuk bernegosiasi dengan para perwira militer yang merebut kekuasaan.

Tim delegasi dipimpin oleh mantan pemimpin militer Nigeria, Abdulsalami Abubakar, yang diharapkan berada di Niamey pada Rabu untuk memulai pembicaraan dengan pemerintah militer.

Di sisi lain, kepala pertahanan negara-negara ECOWAS berkumpul di Nigeria untuk membahas situasi di Niger.

Delegasi ini dikirim setelah ECOWAS memberlakukan sanksi terhadap Niger dan menegaskan bahwa mungkin ada penggunaan kekuatan dalam seminggu jika Presiden Mohammad Bazoum yang digulingkan tidak dibebaskan.

“Opsi militer adalah opsi terakhir di atas meja, pilihan terakhir, tetapi kita harus bersiap untuk kemungkinannya,” kata komisioner ECOWAS, Abdel-Fatau Musah.

Pemerintah militer di Niger dipimpin oleh mantan kepala pengawal presiden Bazoum, Jenderal Abdourahmane Tchiani, yang menahan Bazoum di istananya pada 26 Juli dan kemudian menyatakan dirinya sebagai kepala negara.

ECOWAS sebelumnya telah mengirim Presiden Benin Patrice Talon dan pemimpin militer sementara Chaidan Mahamat Idriss Deby untuk bernegosiasi dengan Techiani. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA