Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Catat Sejarah, Presiden AS Joe Biden Nominasikan Laksamana Wanita untuk Pimpin Angkatan Laut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 22 Juli 2023, 12:55 WIB
Catat Sejarah, Presiden AS Joe Biden Nominasikan Laksamana Wanita untuk Pimpin Angkatan Laut
Laksamana Lisa Franchetti/Net
rmol news logo Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Angkatan Laut Amerika Serikat kemungkinan besar akan dipimpin oleh seorang perempuan.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah membuat keputusan mengejutkan dengan menominasikan Laksamana Lisa Franchetti sebagai pemimpin di Angkatan Laut AS.

Namun, seperti dikutip dari Telegraph, Sabtu (22/7), keputusan tersebut bertentangan dengan rekomendasi yang diajukan oleh Menteri Pertahanan AS, Jenderal Lloyd Austin, yang sebelumnya merekomendasikan Laksamana Samuel Paparo, untuk posisi tersebut.

Para pejabat Pentagon secara luas mengharapkan Laksamana Paparo akan mendapatkan pencalonan itu, mengingat pengalaman Paparo yang relevan yang pernah menghadapi tantangan dari China.

Akan tetapi, Biden memutuskan untuk mencalonkan Laksamana Paparo sebagai pemimpin Komando Indo-Pasifik AS, sementara Laksamana Franchetti dinominasikan untuk memimpin Angkatan Laut.

Menurut Biden, Laksamana Franchetti memiliki latar belakang kebijakan serta pengalaman luas di bidang laut selama 38 tahun, yang saat ini menjabat sebagai wakil kepala operasi Angkatan Laut.

“Sepanjang karirnya, Laksamana Franchetti telah menunjukkan keahlian yang luas baik di arena operasional maupun kebijakan," ujar Biden.

Namun, saat ini proses konfirmasi Laksamana Franchetti oleh Senat kemungkinan akan tertunda karena saat ini ada blokade yang dilakukan oleh Senator Republik Tommy Tuberville dari Alabama terkait perselisihan tentang kebijakan aborsi di Pentagon.

Pencalonan Laksamana Franchetti untuk posisi kepala Angkatan Laut adalah sejarah karena selama ini, belum pernah seorang wanita memegang jabatan perwira berseragam tertinggi dalam mengemban tugas kepemimpinan dalam dinas militer Departemen Pertahanan AS. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA