Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Amir-Abdollahian: China dan Rusia Bukan Satu-satunya Mitra Andalan Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 19 Juli 2023, 17:56 WIB
Menlu Amir-Abdollahian: China dan Rusia Bukan Satu-satunya Mitra Andalan Iran
Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian/Net
rmol news logo Kebijakan luar negeri Iran tidak akan bergantung pada kedekatannya dengan China dan Rusia saja, melainkan juga dengan negara-negara di kawasan lainnya.

Begitu disampaikan Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian saat berbicara di siaran televisi nasional Iran pada Selasa malam (18/7).

Hossein menekankan, meskipun negaranya terus mempertahankan hubungan bilateral dan multilateral dengan kedua negara tersebut, tetapi China dan Rusia bukan satu-satunya mitra Iran yang bisa diandalkan.

"Kami tidak akan pernah membiarkan Rusia dan China berpikir bahwa mereka adalah satu-satunya pilihan kami" tegasnya, seperti dimuat Mehr News.

Lebih lanjut, dia menjelaskan negaranya akan bekerjasama dengan negara manapun di mana terdapat kepentingan Iran di dalamnya.

"Jika kami memiliki kepentingan di Jerman, Prancis, dan Inggris hari ini, kami akan bekerja sama dengan mereka sejalan dengan kepentingan bangsa," ujarnya.

Hossein ingin menunjukkan bahwa pendekatan kebijakan luar negeri Iran seimbang terhadap seluruh mitranya.

Dia mengambil contoh, ketika pemerintah tetap memanggil Duta Besar Rusia terkait sengketa pulau yang secara historis diklaim sebagai milik Iran.

"Rusia telah mengabaikan masalah tiga pulau dan kami memanggil perwakilan mereka untuk menjawab masalah tersebut," ujarnya.

Pernyataan Hossein dikeluarkan beberapa jam setelah diplomat top Iran mengadakan panggilan telepon dengan Menlu Rusia, Sergei Lavrov. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA