Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu RI: Dukungan AS untuk Implementasi AOIP Sangat Krusial

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 14 Juli 2023, 19:34 WIB
Menlu RI: Dukungan AS untuk Implementasi AOIP Sangat Krusial
Sesi foto bersama para Menlu ASEAN dan Menlu AS, Anthony Blinken di acara ASEAN-US Post-Ministerial Conference di Jakarta pada Jumat, 14 Juli 2023/Kemlu RI
rmol news logo Untuk menciptakan stabilitas, perdamaian, dan kemakmuran di Indo-Pasifik, diperlukan kerja sama yang erat di antara banyak pihak. Oleh sebab itu, Keketuaan Indonesia di ASEAN mendorong agar negara berkekuatan besar seperti Amerika Serikat mampu bergabung dalam gerakan perdamaian di kawasan.

Seruan tersebut diutarakan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, kepada Menlu AS, Antony Blinken, selama acara ASEAN-US Post-Ministerial Conference di Jakarta pada Jumat (14/7).

Retno mengajak AS untuk ikut serta menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran, di kawasan melalui implementasi ASEAN Outlook on Indo-Pacific (AOIP).

Dia menjelaskan bahwa ASEAN membuat AOIP inklusif atau terbuka dengan pihak luar. Implementasinya di empat area prioritas, yaitu maritim, konektivitas, SDGs, dan ekonomi serupa dengan di Kemitraan Strategis Komprehensif ASEAN-AS.

"Empat area itu bukan hanya memperkuat ikatan di Indo- Pasifik tapi juga meningkatkan kepercayaan. Oleh karenanya, dukungan AS terhadap AOIP sangat krusial,” tegas Menlu.

Selain AOIP, Menlu RI juga mengundang AS untuk mengakses Protokol Traktat SEANFWZ, untuk menciptakan kawasan yang bebas nuklir. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA