Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bersiap Hadapi Kekeringan Akibat El Nino, Filipina Imbau Petani Tampung Air Hujan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 14 Juli 2023, 12:49 WIB
Bersiap Hadapi Kekeringan Akibat El Nino, Filipina Imbau Petani Tampung Air Hujan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Dalam upaya mengantisipasi kelangkaan air akibat fenomena El Nino, pemerintah Filipina mengimbau warganya untuk menampung air hujan sebagai persediaan.

Kantor Kepresidenan Filipina dalam sebuah pernyataan pada Kamis (13/7), memperingatkan tentang kehadiran El Nino yang mampu membawa bencana kekeringan di negara-negara Pasifik tropis.

"Para ahli cuaca menyebut bahwa El Nino dapat meningkatkan suhu permukaan laut yang menyebabkan curah hujan menurun hingga kekeringan di beberapa daerah di Filipina," bunyi imbauan tersebut, seperti dimuat Xinhua.

Merespons peringatan tersebut, Kementerian Pertanian Filipina mendorong petani menampung air hujan, sebagai salah satu strategi pengelolaan air di tengah potensi musim kemarau.

"Petani diminta menampung air hujan guna mengurangi dampak fenomena El Nino terhadap produksi pertanian," kata kementerian.

Selain penampuangan air hujan, pemerintah Filipina juga sedang menerapkan langkah-langkah pengelolaan air lainnya, termasuk meningkatkan saluran irigasi dan mengganti pompa dan mesin yang tidak dapat digunakan.

Filipina memiliki volume curah hujan rata-rata lebih dari 2.300 milimeter per tahun. Tetapi itu diperkirakan dapat turun akibat Fenomena El Nino dan pemanasan global. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA