Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zelensky: KTT NATO Sudah Bagus, tapi Belum Ideal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 13 Juli 2023, 16:46 WIB
Zelensky: KTT NATO Sudah Bagus, tapi Belum Ideal
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky dalam KTT NATO di Vilnius, Lithuania pada Selasa, 11 Juli 2023/Net
rmol news logo Keputusan yang dihasilkan selama pertemuan puncak (KTT) NATO di Vilnius, Lithuania mendapat respons dari Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

Merujuk pada isu keanggotaan Ukraina, Zelensky pada Rabu (12/7), menilai keputusan yang dibuat anggota NATO cukup bagus, tetapi belum ideal.

Menurut Zelensky, kebijakan NATO sudah tepat dengan tidak mengharuskan Ukraina mengikuti Rencana Aksi Keanggotaan (MAP).

"Hasil penting di sini adalah pengakuan bahwa Ukraina tidak memerlukan rencana aksi untuk keanggotaan NATO," ujarnya, seperti dimuat The Star.

Kendati demikian, bagi Zelensky, keputusan NATO akan lebih ideal jika Kyiv menerima undangan untuk bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara tersebut.

"Kita bisa sampaikan hasil KTT itu bagus, tapi kalau ada undangan (keanggotaan) tentu jadi lebih ideal,” tegasnya.

Menurutnya, Ukraina sudah layak masuk keanggotaan karena tentaranya telah memperoleh pengalaman dalam bekerja sama dengan berbagai negara anggota aliansi.

"Ribuan tentara Ukraina telah dilatih oleh mitra Barat Kyiv. Ukraina juga sangat bergantung pada pasokan senjata Barat saat melawan pasukan Rusia yang memulai invasi besar-besaran pada Februari 2022," jelas Zelesnky.

Pada Selasa (11/7), NATO mengatakan bersedia menerima keanggotaan Ukraina, namun untuk waktu dan kondisinya masih belum ditetapkan.

NATO juga menghilangkan rintangan Kyiv untuk memenuhi MAP, sebuah syarat politik, ekonomi dan militer yang harus dipenuhi oleh negara-negara Eropa timur lainnya sebelum bergabung dengan aliansi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA