Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

UE Gelar Pertemuan Puncak Bahas Perbatasan dan Migrasi, Hingga Situasi Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 30 Juni 2023, 13:22 WIB
UE Gelar Pertemuan Puncak Bahas Perbatasan dan Migrasi, Hingga Situasi Ukraina
Representative Image/Net
rmol news logo Setelah tragedi tenggelamnya kapal nelayan di perairan Mediterania baru-baru ini, para pemimpin Uni Eropa melakukan pertemuan puncak selama dua hari untuk membahas masalah migrasi, dan memperkuat perbatasan.

Dalam pertemuan puncak yang diadakan di Brussel, Belgia, Presiden Komisi UE Ursula von der Leyen menuturkan bahwa dia memiliki rencana baru untuk dipresentasikan mengenai masalah-masalah manajemen perbatasan, serta dukungan keuangan.

"Saya memiliki rencana untuk menyelaraskan manajemen perbatasan eksternal untuk dilakukan dengan cara kolektif oleh semua negara UE, tindakan baru terhadap operasi penyelundup dan perdagangan manusia, serta tentang investasi dalam stabilitas ekonomi negara asal," kata von der Leyen.

Seperti dikutip Anadolu Agency, Jumat (30/6), 27 kepala negara dan pemerintahan UE dikabarkan juga membahas mengenai daya saing UE, hubungan mereka dengan China, hingga situasi di Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky juga di tengah-tengah mereka melalui tautan video.

Kanselir Jerman Olaf Scholz, menekankan bahwa UE harus tetap mendukung Ukraina, karena perang masih dapat berlangsung lama meskipun ada pemberontakan baru-baru ini di Rusia.

"Namun tujuan utama dukungan kami ini adalah untuk memastikan kemerdekaan Ukraina, bukan menginginkan perubahan pemerintahan atau merubah rezim di Rusia," ujar Scholz. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA