Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tidak Ada Kasus Sejak Februari, Lebanon Umumkan Wabah Kolera Berakhir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 12 Juni 2023, 11:30 WIB
Tidak Ada Kasus Sejak Februari, Lebanon Umumkan Wabah Kolera Berakhir
Ilustrasi/Net
rmol news logo Wabah kolera yang menyerang Lebanon pada Oktober tahun lalu dinyatakan berakhir setelah tidak ada lagi infeksi baru yang tercatat sejak kasus terakhir di bulan Februari tahun ini.

Hal itu diungkap Kementerian Kesehatan Lebanon dalam sebuah pernyataan yang dirilis Kantor Berita Nasional milik pemerintah pada Minggu (11/6).

"Lebih dari 12 minggu telah berlalu sejak kasus terkonfirmasi terakhir tercatat di Lebanon. Wabah kolera telah berakhir," ungkap Kemenkes, seperti dimuat Alarabiya.

Sebanyak 671 kasus kolera terkonfirmasi dilaporkan di Lebanon mulai 6 Oktober 2022. Wabah itu merupakan yang pertama kali terjadi sejak kasus terakhir di tahun 1993.

Di bulan November, kementerian menerima lebih dari 600.000 dosis vaksin kolera dari International Coordinating Group on Vaccine Provision.

Vaksin-vaksin ini didistribusikan kepada para pengungsi sasaran dan masyarakat penerima di daerah-daerah hotspot dan daerah-daerah yang terkena wabah.

Kolera disebarkan oleh air yang terkontaminasi oleh kotoran manusia dan menyebabkan dehidrasi parah, dan pada kasus yang parah dapat menyebabkan kematian jika tidak diobati.

Infrastruktur air Lebanon yang buruk dan kurangnya jaringan pembuangan limbah yang layak membuat penyebaran wabah ini semakin cepat. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA