Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sedang Menuju Texas, Kapal Tanker Berbendera Kepulauan Marshall Disita IRGC di Teluk Oman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 28 April 2023, 07:54 WIB
Sedang Menuju Texas, Kapal Tanker Berbendera Kepulauan Marshall Disita IRGC di Teluk Oman
Advantage Sweet sedang bepergian ke Houston, Texas, saat disita/Net
rmol news logo Komando Angkatan Laut AS melaporkan pada Kamis (27/4) tentang adanya penyitaan sebuah kapal tanker oleh Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) di Teluk Oman.

Situs pelacakan MarineTraffic mengatakan kapal tanker minyak Advantage Sweet berbendera Kepulauan Marshall itu sedang dalam perjalanan ke Houston, Texas, ketika dicegat.

The National melaporkan, kapal sepanjang 27 meter milik Advantage Tankers LLC itu meninggalkan Pelabuhan Mina Saud di pantai selatan Kuwait pada Selasa.

"Tindakan IRGC bertentangan dengan hukum internasional dan mengganggu keamanan dan stabilitas regional," kata Komando Angkatan Laut AS, menyerukan Iran untuk segera membebaskan kapal itu.

“Pelecehan terus-menerus Iran terhadap kapal dan campur tangan hak navigasi di perairan regional merupakan ancaman bagi keamanan maritim dan ekonomi global,” kata Washington.

Tentara Iran mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada Kantor Berita Tasnim bahwa sebuah kapal telah disita setelah dua orang hilang dan lainnya terluka dalam kecelakaan antara kapal tak dikenal dan kapal Iran.

Dikatakan kapal tak dikenal, yang memiliki bendera Kepulauan Marshall, telah bertindak melawan peraturan internasional untuk membantu kapal dan yang terluka.

Kepala Komando Pusat AS Jenderal Michael Kurilla menyebut penyitaan itu sebagai satu dari serangkaian pelanggaran berkelanjutan oleh Iran terhadap tatanan berbasis aturan internasional.

“Aktivitas pelecehan semacam ini sepadan dengan pola perilaku Iran yang mapan yang menempatkan keamanan dan stabilitas Timur Tengah dalam bahaya,” kata Jenderal Kurilla. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA