Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kolombia Mengusir Tokoh Oposisi Terkenal Venezuela Menjelang KTT

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 25 April 2023, 15:44 WIB
Kolombia Mengusir Tokoh Oposisi Terkenal Venezuela Menjelang KTT
Tokoh oposisi terkenal Venezuela, Juan Guaido/Net
rmol news logo Pihak berwenang Kolombia memerintahkan tokoh oposisi terkenal Venezuela, Juan Guaido, yang memasuki negara itu secara ilegal, untuk segera meninggalkan Kolombia.

Pernyataan pengusiran tersebut dikeluarkan hanya beberapa jam setelah Guaido tiba di Bogota pada Senin (24/4) untuk menghadiri pertemuan.

Kolombia juga mengeluarkan larangan agar Guaido tidak membuat pernyataan publik apa pun tentang Venezuela selama ia berada di Kolombia.

Guaido meninggalkan Caracas pada hari Sabtu melalui jalur darat dan tiba pada Senin di wilayah Kolombia untuk menghadiri pertemuan puncak yang diselenggarakan oleh Presiden Kolombia Gustavo Petro di Bogota, yang berupaya mempromosikan pembicaraan antara pemerintah Venezuela dan oposisi.

Gustavo Petro tidak mengundang Guaido dalam acara tersebut. Juga tidak mengundang Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

Konferensi tersebut diselenggarakan untuk menentukan kembali negosiasi antara pemerintah Venezuela dan oposisi yang dimulai di Mexico City pada 2021 tetapi menemui jalan buntu pada November.

Oposisi Venezuela, yang didukung oleh banyak negara termasuk Amerika Serikat, tidak mengakui pemilihan kembali Maduro tahun 2018 dalam pemungutan suara yang secara luas ditolak sebagai penipuan

Dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan di akun Twitter-nya, Guaido mengatakan dia telah melintasi perbatasan ke Kolombia “dengan berjalan kaki” dan bermaksud bertemu dengan delegasi internasional pada pertemuan puncak hari Selasa itu.

Kementerian Luar Negeri Kolombia mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa Bogota tidak mengundang politisi tersebut ke pertemuan dan tidak mengharapkan kehadirannya.

Menteri Luar Negeri Kolombia Alvaro Leyva membenarkan bahwa Guaido memasuki negara itu dengan "cara yang tidak pantas" dan pemerintah memerintahkan agar Guaido segera meninggalkan Kolombia.

"Hanya negara yang diundang yang datang untuk ikut berpartisipasi dalam pertemuan KTT Venezuela," kata Kementerian, seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Kolombia mengundang perwakilan dari beberapa negara di Eropa, Amerika Latin, dan Amerika Serikat untuk menghadiri pertemuan.

"Saya baru saja tiba di Kolombia, dengan cara yang sama seperti jutaan orang Venezuela sebelum saya, berjalan kaki," cuit Guaido.

"Saya berharap KTT dapat menjamin bahwa rezim Maduro akan kembali ke meja perundingan di Meksiko dan bahwa jadwal yang kredibel dapat disepakati untuk pemilihan umum yang bebas dan adil sebagai solusi untuk konflik, lanjutnya.

Guaido juga memposting video yang menunjukkan ia berada di dalam pesawat.

"Setelah 60 jam di jalan menuju Bogota, lolos dari penganiayaan kediktatoran, menentang rezim Maduro, mereka mengusir saya keluar dari Kolombia," katanya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA