Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pererat Hubungan, Presiden Guatemala Kunjungi Taiwan Pekan Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 19 April 2023, 12:15 WIB
Pererat Hubungan, Presiden Guatemala Kunjungi Taiwan Pekan Ini
Presiden Guatemala Alejandro Giammattei dan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen/Net
rmol news logo Dalam langkah mempererat kemitraannya dengan Taiwan, Presiden Guatemala Alejandro Giammattei akan berkunjung ke Taipei pada Sabtu (22/4) mendatang.

Kunjungan itu dilakukan di tengah ketegangan antara Taiwan dan China yang semakin tinggi. Beijing sendiri berusaha untuk mengalihkan dukungan mitra diplomatik Taiwan.

Namun, Guatemala sebagai salah satu negara yang masih mempertahankan hubungan diplomatiknya dengan Taiwan menegaskan bahwa posisinya akan tetap sama, yaitu mengakui kedaulatan Taiwan.

Sementara itu, seperti dimuat The Straits Times pada Rabu (19/4), dalam kunjungan kenegaraan yang dilakukan selama dua hari itu, Giammattei disebut akan berupaya untuk meningkatkan kerja samanya dengan Taiwan dalam sektor ekonomi.

"Kedua belah pihak akan menandatangani perjanjian untuk meningkatkan ekspor kopi Guatemala, gula dan produk lainnya. Taiwan juga akan membantu Guatemala dengan dana untuk bencana alam, dan menyediakan 1,5 juta dolar AS (Rp 22 miliar) untuk sistem pendingin udara di bandara di Guatemala City," kata Giammattei.

Sejak putusnya hubungan dengan Honduras, Taiwan hanya memiliki 13 negara yang secara diplomatis mengakui kedaulatannya, termasuk Belize dan Guatemala, negara di Amerika Tengah yang masih mempertahankan hubungan diplomatiknya itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA