Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertama dalam Tujuh Tahun, Menteri Keuangan Jepang dan Korsel akan Mengadakan Pembicaraan Bilateral

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 17 April 2023, 15:02 WIB
Pertama dalam Tujuh Tahun, Menteri Keuangan Jepang dan Korsel akan Mengadakan Pembicaraan Bilateral
Menteri Keuangan Korea Selatan Choo Kyung-ho dan mitranya dari Jepang, Shunichi Suzuki, berfoto setelah pertemuan di Washington pada 13 April 2023/YNA
rmol news logo Untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun, menteri keuangan Korea Selatan dan Jepang akan mengadakan pertemuan bilateral pada awal bulan depan.

Pertemuan tersebut menandai kerja sama ekonomi yang semakin erat antar kedua negara yang hubungannya sempat terhambat karena konflik diplomatik.

Berdasarkan konfirmasi dari Menteri Keuangan Korea Selatan Choo Kyung-ho, pihaknya telah setuju untuk bertemu dengan Menteri Keuangan Jepang Shunichi Suzuki di sela-sela pertemuan tahunan Bank Pembangunan Asia (ADB), pada 2-5 Mei mendatang, di Incheon.

"Ini penting karena akan menjadi langkah pertama untuk menghidupkan kembali pertemuan bilateral reguler," kata Choo tanpa menjelaskan lebih lanjut, yang dikutip Reuters, Senin (17/4).

Sejak 2016 lalu, pertemuan antara menteri keuangan tersebut telah ditangguhkan karena perselisihan mereka tentang sejarah perang di masa lalu.

Namun, pertemuan baru-baru ini antara Presiden Korsel Yoon Suk Yeol dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida telah meruntuhkan ketegangan itu, sebab kedua negara sepakat untuk mengesampingkan sejarah sulit mereka, dan mengatakan akan bekerja sama untuk menghadapi tantangan keamanan regional.

Belum diketahui apa yang menjadi pembahasan dari para menteri keuangan itu, akan tetapi pasar keuangan berharap kedua menteri akan membahas lebih lanjut mengenai pengaturan pertukaran mata uang bilateral, yang telah berkontribusi menjadi penghalang terhadap potensi krisi mata uang, yang berakhir pada 2015 lalu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA