Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Siapkan Rp 4,4 Triliun untuk Sistem Pertahanan Negara, Moldova: Romantisme Perdamaian Berakhir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 13 April 2023, 10:42 WIB
Siapkan Rp 4,4 Triliun untuk Sistem Pertahanan Negara, Moldova: Romantisme Perdamaian Berakhir
Sekretaris Negara untuk Kebijakan Pertahanan dan Reformasi Tentara Nasional di Kementerian Pertahanan Moldova, Valeriu Mija/Net
rmol news logo Perang yang berkecamuk di Ukraina membuat negara-negara di kawasan semakin khawatir dan siaga. Moldova saat ini tengah mempersiapkan diri dengan meningkatkan sistem pertahanan nasional.

Mengutip Sivastat pada Kamis (13/4), Moldova dilaporkan akan segera memodernisasi sistem pertahanan negara dengan biaya yang diperkirakan mencapai 275 juta euro atau Rp 4,4 triliun.  

Sekretaris Negara untuk Kebijakan Pertahanan dan Reformasi Tentara Nasional di Kementerian Pertahanan Moldova, Valeriu Mija mengatakan saat ini negara perlu menyesuaikan diri dengan kondisi sekitar yang tidak lagi damai.

"Masa romantisme dengan impian perdamaian abadi telah berakhir, dan diperlukan pendekatan yang berbeda," ujar Mija dalam forum pertemuan yang membahas tentang keamanan nasional Moldova.

Presiden Moldova yang pro-Barat, Maia Sandu telah berulang kali mendesak penghentian perang, karena dikhawatirkan terjadi perluasan konflik hingga ke negaranya. Terlebih, salah satu negara termiskin di Eropa itu juga tengah sibuk mengurusi gerakan separatis pro-Rusia di Transdniestria.

Sekitar 1.500 penjaga perdamaian Rusia tetap berada di Transdniestria. Moldova menuduh Moskow memanfaatkan kesempatan itu dan mencoba menghancurkan negaranya dari dalam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA