Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Makin Lengket, Hongaria dan Rusia Teken Tiga Perjanjian Energi Utama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 12 April 2023, 21:44 WIB
Makin Lengket, Hongaria dan Rusia Teken Tiga Perjanjian Energi Utama
Direktur Rosatom, Alexey dan Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hongaria, Peter Szijjarto menandatangani dokumen selama pertemuan mereka di Moskow, Rusia pada Selasa, 11 April 2023/Net
rmol news logo Tanpa menghiraukan respon internasional di tengah perang Ukraina, Hongaria justru semakin dekat dengan Rusia dan menyepakati tiga perjanjian energi utama.

Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hungaria, Péter Szijjártó pada Selasa (11/4), mengumumkan tiga kabar baik yang berhasil didapatkan setelah pertemuannya dengan Wakil Perdana Menteri Rusia, Alexander Novak dan Kepala Rosatom, Alexey Likhachev di Moskow.

Perjanjian pertama, kata Szijjártó, berkaitan dengan perjanjian energi, di mana Rusia mengizinkan Hongaria untuk membeli lebih banyak gas dengan kontrak jangka panjang.

“Sekitar 80 hingga 85 persen pasokan gas Hungaria berasal langsung dari Rusia, sehingga kontinuitas dan pasokan gas yang tidak terputus ini sangat mendasar dan penting bagi kami,” jelasnya, seperti dimuat Remix News.

Szijjártó menegaskan dirinya tidak masalah dengan respon negara Eropa lainnya, sebab ketahanan energinya lebih penting dari alasan politik apapun.

“Kami tidak bersedia menyerahkan keamanan pasokan energi kami untuk alasan politik apa pun," tegasnya.

Perjanjian kedua, disebut Szijjártó, akan memungkinkan Hongaria membayar harga gas alam dari Rusia lebih rendah dari harga gas saat ini.

Terakhir, Szijjártó mengatakan Hongaria dan Rusia telah berkomitmen untuk terus menjaga pembangunan saluran pipa TurkStream tetap berjalan meskipun ada sanksi dari Barat.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA