Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Desak Rusia Segera Bebaskan Jurnalis Wall Street Journal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 11 April 2023, 12:30 WIB
AS Desak Rusia Segera Bebaskan Jurnalis <i>Wall Street Journal</i>
Jurnalis Wall Street Journal, Evan Gershkovich/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) mendesak Rusia untuk segera membebaskan jurnalis Wall Street Journal (WSJ), Evan Gershkovich, yang ditahan dengan tuduhan spionase.

Jurubicara Departemen Luar Negeri AS, Vedant Patel menyebut penangkapan Gershkovich merupakan sebuah kesalahan dan tidak sah dilakukan oleh Rusia.

Lebih lanjut, Patel menegaskan, AS akan mengerahkan seluruh kekuatan dan sumber daya untuk mendorong pembebasan Gershkovich.

"Kami meminta Federasi Rusia untuk segera membebaskan Gershkovich. Jurnalisme bukanlah kejahatan. Kami mengutuk tindakan Kremlin yang terus menerus menekan suara-suara independen di Rusia, dan perang berkelanjutannya melawan kebenaran,” kata Departemen Luar Negeri dalam sebuah pernyataan yang dikutip ANI News pada Selasa (11/4).

Gershkovich yang ditahan pihak berwenang Rusia pada akhir Maret lalu. Ia dituduh melakukan spionase dengan mencoba mendapatkan informasi rahasia tentang pabrik senjata Moskow.

Pihak WSJ dan pemerintah AS telah menyangkal tuduhan itu secara resmi. Nantinya, pembebasan Gershkovich secara praktis akan ditangani langsung oleh utusan khusus AS untuk urusan penyanderaan, Roger Carstens.

Kasus yang terjadi kepada Gershkovich merupakan kasus pertama bagi koresponden Washington yang menghadapi tuduhan mata-mata sejak Perang Dingin berlangsung. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA