Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kremlin Soal Penahanan Jurnalis AS: Dia Tertangkap Basah Mencoba Curi Rahasia Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 31 Maret 2023, 07:52 WIB
Kremlin Soal Penahanan Jurnalis AS: Dia Tertangkap Basah Mencoba Curi Rahasia Negara
Menurut Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov/Net
rmol news logo Kremlin buka suara terkait penangkapan koresponden Wall Street Journal (WSJ) Evan Gershkovich. Menurut Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov, jurnalis asal Amerika itu tertangkap basah mencoba mendapatkan rahasia negara Rusia.

Dinas Keamanan Federal (FSB) mengumumkan pada Kamis (30/3) bahwa reporter tersebut telah ditahan di kota Yekaterinburg karena dicurigai melakukan spionase.

Berbicara kepada wartawan, Peskov yang diminta untuk mengomentari penangkapan tersebut dan apakah Rusia akan bekerja sama dengan dinas keamanan AS dalam masalah ini, menjawab bahwa masalah tersebut tetap berada di tangan FSB.  

Namun, Peskov mengklaim bahwa sejauh yang dia ketahui, Gershkovich telah tertangkap basah mencoba mengumpulkan informasi tentang fasilitas pertahanan, yang melanggar undang-undang Rusia tentang rahasia negara.

Ditanya apakah insiden itu dapat memicu tanggapan dari otoritas AS terkait jurnalis Rusia yang bekerja di Amerika, Peskov mengatakan bahwa Moskow berharap tidak ada pembalasan seperti itu.

"Kami tidak berbicara tentang tuduhan di sini. Dia tertangkap basah," kata Peskov, seperti dikutip dari RT, Jumat (31/3).

Jika terbukti bersalah, Gershkovich, yang meliput berita dari Rusia, Ukraina, dan bekas Uni Soviet, dapat menghadapi hukuman antara 10 dan 20 tahun penjara.

WSJ telah bereaksi terhadap insiden tersebut dengan menyatakan bahwa mereka sangat prihatin dengan keselamatan Gershkovich. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA