Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Putus Hubungan dengan Taiwan, Honduras akan Buka Hubungan Diplomatik dengan China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 15 Maret 2023, 16:10 WIB
Putus Hubungan dengan Taiwan, Honduras akan Buka Hubungan Diplomatik dengan China
Ilustrasi/Net
rmol news logo Honduras berencana membuka hubungan diplomatik dengan China. Langkah tersebut berarti akan membawa negara itu memutuskan hubungannya dengan Taiwan.

Presiden Honduras Xiomara Castro menyampaikan keputusan itu pada Selasa (14/3), dengan mengatakan bahwa ia telah menginstruksikan menteri luar negeri untuk membuka hubungan resmi dengan China.

“Saya telah menginstruksikan Menteri Luar Negeri Eduardo Reina untuk mengelola pembukaan hubungan resmi dengan Tiongkok, sebagai tanda tekad saya untuk memenuhi Rencana Pemerintah dan memperluas kebebasan dengan bangsa-bangsa di dunia,” kata Castro di Twitter, dimuat Anadolu Agency.

Sampai dengan  Januari 2022, pemimpin negara Amerika Tengah itu menyatakan tidak memiliki rencana untuk membuka hubungannya dengan China, sampai kemudian Reina bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri China Xie Feng saat pelantikan Presiden Brasil.

Dengan pembukaan hubungan diplomatiknya dengan China, kini Honduras akan bergabung bersama negara-negara Amerika Latin lainnya termasuk Panama, El Salvador, dan Nikaragua dalam memutuskan hubungannya dengan Taiwan demi mendukung raksasa Asia.

Pemutusan hubungan dengan Taiwan merupakan syarat yang diberikan pemerintah China kepada negara-negara yang ingin membuka diplomatik dengan negara tersebut.

Sementara itu sejauh ini, masih ada sekitar 15 negara lainnya di dunia yang tetap memilih mengakui Taipei, daripada Beijing. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA