Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Iran: Perjanjian Nuklir Dapat Tercapai jika AS Lebih Realistis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 19 Januari 2023, 09:59 WIB
Menlu Iran: Perjanjian Nuklir Dapat Tercapai jika AS Lebih Realistis
Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian selama konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, di Ankara pada Selasa, 17 Januari 2023/Net
rmol news logo Kesepakatan perjanjian nuklir antara Iran dan Barat harusnya dapat selesai lebih cepat jika Amerika Serikat mampu bertindak realistis.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian menegaskan hal itu selama konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, di Ankara pada Selasa (17/1).

Dalam pernyataanya, Menlu Iran menyebut dirinya sempat membahas mengenai kesepakatan nuklir 2015 dengan AS.

Menurutnya, tindakaan AS yang tidak realistis dan terus menetapkan syarat baru, membuat kesepakatan nuklir tidak kunjung selesai.

"Kesepakatan tentang kebangkitan kembali perjanjian nuklir 2015 dapat dicapai jika Amerika Serikat berhenti menetapkan syarat baru dan bertindak secara realistis," tegasnya, seperti dimuat kantor berita resmi IRNA.

Selain membahas soal perjanjian nuklir dan AS, Menlu Iran menyebut dirinya juga telah mengadakan diskusi penting dan beragam dengan pejabat Turki.

Dirinya bahkan sempat mengadakan pertemuan 90 menit dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengenai masalah bilateral, regional dan global.

Keduanya sepakat untuk melanjutkan proyek kerja sama strategis Iran-Turki, yang telah ditandatangani Presiden Erdogan selama kunjunganya ke Teheran pada Juli 2022

Sementara itu, Presiden Iran Ebrahim Raisi dilaporkan akan segera melakukan kunjungan ke Turki tahun ini. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA