Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Dan ASEAN Bersiap Gelar Latihan Maritim Gabungan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 25 Agustus 2019, 07:47 WIB
AS Dan ASEAN Bersiap Gelar Latihan Maritim Gabungan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Amerika Serikat dan 10 negara di kawasan Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN akan menggelar latihan maritim bersama pada bulan September mendatang.

Ini adalah latihan maritim bersama pertama yang dilakukan Amerika Serikat dan ASEAN.

Dalam pengumuman yang disampaikan oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat di Bangkok, latihan bersama akan dilakukan pada 2 September mendatang. Latihan gabungan itu akan diluncurkan di pangkalan angkatan laut Thailand di provinsi Chonburi di timur Bangkok dan dilaksanakan selama lima hari.

Dalam pengumuman yang sama, disebutkan bahwa tujuan dari latihan maritim tersebut adalah untuk menjaga keamanan maritim dan fokus pada pencegahan dan mencegah kesalahan di laut.

Latihan tersebut terutama akan dilakukan di lepas pantai provinsi Ca Mau di Vietnam selatan, tempat Angkatan Laut Amerika Serikat akan mengirim "kapal mencurigakan" dalam latihan tiruan untuk membantu angkatan laut ASEAN mencari, memverifikasi dan secara hukum menuntut kapal-kapal tersebut.

Meski menggelar latihan gabungan dengan Amerika Serikat, namun jurubicara kementerian pertahanan Thailand menekankan bahwa ASEAN juga tetap menjalin hubungan baik dengan China.

"Kami mengadakan latihan dengan China, sekarang kami melakukan latihan dengan Amerika Serikat, itu tidak ada hubungannya dengan situasi saat ini," kata Letnan Jenderal Kongcheep Tantravanich seperti dimuat Channel News Asia (Sabtu, 24/8). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA