Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zulham Effendi: Sebagai Umat Beriman, Aneh kalau Kita Tak Bantu Pengungsi Suriah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Senin, 14 September 2015, 04:27 WIB
RMOL. Aktivis serta relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) menggelar aksi solidaritas untuk imigran Suriah di lapangan Merdeka, Medan (Minggu, 13/9).

Bagi mereka, gelombang orang Suriah yang mengungsi ke berbagai negara termasuk belakangan ke negara-negara Eropa merupakan tragedi kemanusiaan. Betapa tidak, ratusan ribu pengungsi mencoba melakukan perjalanan berbahaya melintasi laut Mediterania dari Turki ke Yunani untuk menemukan masa depan yang lebih baik di Eropa.

"Dan dunia kembali terbelalak dengan tragedi kemanusiaan terbesar abad ini pasca ditemukannya jasad seorang bocah imigran Suriah, Alyan Kurdi (3 tahun ) yang tenggelam dan terdampar di Pantai Turki," jelas Zulham Effendi, Head office ACT Medan.

Karena itu dia  mengatakan, saatnya kita hadirkan kepedulian bangsa Indonesia. Karena sudah ribuan jiwa melayang dalam perjalanan mencari suaka. "Amat aneh bahkan mengugat keimanan kita sebagai umat beragama, jika tidak melakukan apapun! Memperdulikan sesama adalah wujud kemanusiaan," tegasnya.

Sementara itu, Munandar selaku Sekjend MRI Sumut mengatakan, pihaknya tidak hanya berbicara tentang rasa nasionalisme. Tapi aksi kami hari ini adalah sebagai matarantai penyelamatan kemanusiaan, bukan saja untuk pengungsi tapi juga untuk rakyat Indonesia yang membiarkan tragedi kemanusiaan ini terjadi tanpa berbuat apa-apa," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua KGB M. Syahnan mengatakan bahwa permasalahan kemanusiaan Suriah perlu uluran tangan dari masyarakat indonesia. "Kita membantu menyelamatkan rakyat Suriah dari ancaman kematian dan pemenuhan kebutuhan dasar. Suarakan melaui semua cara yang mungkin dilakukan, hentikan kekerasan di Suriah. Pastikan badan-badan dunia prokemanusiaan mengambil langkah nyata ke arah penghentian kekerasan yang memicu pengungsian besar-besaran rakyat suriah ke berbagai negar," tandas Ketua Umum PRISMA, Bobby Irawan. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA