Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bulog Dukung Pengembangan Teknologi Cegah Tantangan Rantai Pasok Pangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 03 Oktober 2024, 11:36 WIB
Bulog Dukung Pengembangan Teknologi Cegah Tantangan Rantai Pasok Pangan
Pameran Indonesia International Rice Conference 2024 di Bali/Ist
rmol news logo Lahan pertanian yang makin terkonversi, perubahan iklim, kurangnya minat generasi muda untuk menjadi petani, menjadi tantangan bagi industri rantai pasok pangan saat ini.

Dikatakan Direktur Transformasi dan Hubungan Kelembagaan Perum Bulog, Sonya Mamoriska, inovasi teknologi dan efisiensi model bisnis yang menciptakan pasar baru dan berkelanjutan, sangatlah dibutuhkan.

Dipaparkan Sonya, menghadapi berbagai tantangan untuk mewujudkan ketahanan pangan, seperti isu geopolitik dan perubahan iklim, dibutuhkan solusi yang melibatkan kecanggihan teknologi.

"Seperti kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), yang bisa digunakan untuk melihat pola tanam maupun panen," ujar Sonya dalam keterangannya, Kamis (3/10).

Sejauh ini, dikatakan Sonya, Perum Bulog konsisten untuk terus mendukung terobosan-terobosan untuk melakukan mitigasi terhadap risiko yang dihadapi oleh rantai pasok pangan.

Lanjutnya, kemajuan teknologi membuat Perum Bulog bisa melakukan perencanaan jangka panjang. Tentu dengan kolaborasi para pemegang data dari pemerintah seperti Bapanas, Departemen Pertanian, maupun BPS.

"Sehingga dapat tercipta pengaplikasian teknologi berbasis AI guna mewujudkan neraca pangan yang berimbang," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA