Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bank Sentral Swiss Kembali Pangkas Suku Bunga, Ketiga Kali di Tahun Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 27 September 2024, 13:17 WIB
Bank Sentral Swiss Kembali Pangkas Suku Bunga, Ketiga Kali di Tahun Ini
Bank Sentral Swiss/Net
rmol news logo Bank Nasional Swiss (SNB) memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin.  Pemangkasan ini menjadi  penurunan ketiga tahun ini. 

SNB tengah menggemakan langkah-langkah untuk menurunkan biaya pinjaman mengikuti keputusan Bank Sentral Eropa dan Federal Reserve AS. Ke depan, kemungkinan akan lebih banyak lagi pemotongan. 

SNB memangkas suku bunga kebijakannya menjadi satu persen, level terendah sejak awal 2023, seperti yang diharapkan oleh 30 dari 32 analis dalam jajak pendapat Reuters. 

Dikutip dari The Business Times, Jumat (27/9), pasar telah memperkirakan probabilitas 55 persen dari pemotongan 25 basis poin sebelum keputusan tersebut.

Keputusan tersebut, yang terakhir dalam masa jabatan 12 tahun Ketua SNB Thomas Jordan, dimungkinkan oleh penjinakan inflasi di Swiss .yang melambat menjadi 1,1 persen pada bulan Agustus dan telah berada dalam kisaran target bank sentral 0 hingga 2 persen selama 15 bulan terakhir.

Franc Swiss juga menguat dalam beberapa minggu terakhir, naik ke level tertinggi dalam sembilan tahun terhadap euro pada awal Agustus, menambah kesulitan yang dihadapi eksportir Swiss.

"Pelonggaran kebijakan moneter SNB hari ini memperhitungkan pengurangan tekanan inflasi. Pemangkasan lebih lanjut dalam suku bunga kebijakan SNB mungkin diperlukan dalam beberapa kuartal mendatang untuk memastikan stabilitas harga dalam jangka menengah," kata SNB.

Pemangkasan terbaru SNB mengikuti pelonggaran kebijakan moneter serupa oleh Bank Sentral Eropa dan Federal Reserve AS awal bulan ini. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA