Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantu Masyarakat, Developer Perumahan Sumbang Lampu Jalan di Palembang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Selasa, 20 Februari 2024, 06:05 WIB
Bantu Masyarakat, Developer Perumahan Sumbang Lampu Jalan di Palembang
Pemberian bantuan 100 unit Lampu Penerangan Jalan secara simbolik oleh Owner Gadang Berlian Company, Dimas Rifano kepada Pj Wali Kota Palembang, Ratu Dewa/Ist
rmol news logo Lampu penerangan jalan masih menjadi permasalahan di sebagian wilayah Kota Palembang. Dari sebanyak 54.777 lampu jalan yang terpasang, sebanyak 30 ribu di antaranya butuh pemasangan baru. Sementara 5.400 lainnya dalam kondisi rusak berat.

Berangkat dari kondisi itu, sejumlah pengusaha developer perumahan di Kota Palembang berupaya mengurangi beban pemerintah dengan memberikan bantuan berupa 100 unit lampu penerangan jalan.

Program yang digagas developer Gadang Berlian Company bersama 6 pengusaha lainnya tersebut diserahkan secara simbolik kepada Pj Wali Kota Palembang, Ratu Dewa di Kantor Gadang Berlian Company, Senin (19/2).

Owner Gadang Berlian Company, Dimas Rifano mengatakan, lampu penerangan jalan tersebut akan dipasang di  Wilayah Talang Kepuh Kecamatan Gandus hingga ke arah Alang-Alang Lebar sepanjang 6 kilometer.

"Kami sudah melakukan survei dan titik tersebut menjadi pilihan karena memang masih minim penerangan," kata Dimas dikutip Kantor Berita RMOLSumsel.

Pengusaha muda ini menuturkan, bantuan tersebut dikemas melalui Program Developer Peduli. Menurut Dimas, dirinya ingin menghapus stigma negatif yang muncul di masyarakat bahwa kedatangan pengembang di suatu wilayah hanya menimbulkan dampak negatif bagi wilayah di lokasi pembangunan perumahan.

"Kami ingin membuktikan jika kehadiran kami juga bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar," ucap Dimas.

Sementara itu, Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Sumsel, Zewwy Salim menuturkan, gagasan pemberian lampu jalan ini menjadi pelopor yang dilakukan anggota DPD REI yang ada di Sumsel.

Dia mendorong anggota lainnya untuk dapat mengikuti jejak Gadang Berlian Company bersama 6 developer lainnya untuk memberikan bantuan serupa di titik yang belum terjangkau.

"Seperti di kawasan Sematang Borang dan jalan lainnya yang memang minim penerangan jalan. Ini juga harus digagas pengusaha lain," tuturnya.

Pria yang akrab disapa Awik ini menjelaskan, jumlah rumah yang dibangun pengusaha developer di Kota Palembang saat ini menduduki peringkat pertama di Sumatera. Kondisi itu wajar mengingat backlog perumahan di Palembang mencapai angka 300 ribu unit.

"Artinya pangsa pasarnya masih luas," tegasnya.

Pj Wali Kota Palembang, Ratu Dewa berharap, apa yang dilakukan oleh para Developer tersebut melalui program pedulinya, ke depan dapat menjadi contoh bagi pengusaha lainnya.

"Apalagi tadi juga sudah disinggung oleh Ketua REI Sumatera Selatan. Mungkin kedepan akan ada program lain juga yang kami harapkan, dalam hal ini mungkin membantu rumah tidak layak huni di kota Palembang," ungkapnya.

"Saat ini kita masih sangat membutuhkan hal itu. Mudah-mudahan nanti para Developer lain juga akan tergerak dari sisi itu," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA