Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wamen BUMN: Program Desa BRILian Bisa jadi Engine of Growth Perekonomian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 17 Januari 2024, 14:01 WIB
Wamen BUMN: Program Desa BRILian Bisa jadi Engine of Growth Perekonomian
Ilustrasi/Net
rmol news logo Program Desa Brilian yang dipelopori oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bisa menjadi engine of growth dalam keberlanjutan pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas 5 persen.

Pernyataan itu diungkapkan oleh Wakil Menteri BUMN RI Kartika Wirjoatmodjo pada malam "Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023" baru-baru ini di Menara BRILiaN, Jakarta. Acara ini merupakan malam apresiasi bagi desa-desa yang dinilai aktif bergerak maju mendorong ekonomi kerakyatan melalui Program Desa BRILiaN.

Wamen menegaskan Kementerian BUMN terus mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui pemberdayaan segmen UMKM yang notabene memiliki kontribusi terhadap PDB sebesar 60,5 persen serta penyerapan tenaga kerja sebesar 96,9 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

"Dengan peranan strategis desa dalam pembangunan nasional maka penguatan kapabilitas dan kompetensi berbagai fungsi penguatan pemberdayaan, digitalisasi, pelatihan-pelatihan dan sebagainya sangat penting. Pengelolaan melalui optimasi ekosistem desa mulai dari Bumdes, kelompok usaha, UMKM, maupun Kapoktan perlu untuk diterapkan sesuai dengan prinsip SDG yang meliputi universalitas, integrasi dan inclusiveness sehingga mendorong pertumbuhan yang merata di seluruh pedesaan Indonesia," papar Wamen.

Pemerintah akan fokus melakukan pengembangan sumber daya manusia pedesaan yang unggul menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, serta ekonomi demi menciptakan kesejahteraan merata, menurut Wamen. Ini sejalan dengan target Indonesia emas di 2045 dengan menjadi negara maju dan salah satu kekuatan besar ekonomi dunia.

Nugraha Karya Desa BRILiaN merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh BRI sebagai rangkaian program Desa BRILiaN yang fokus pada pengembangan empat aspek. Pertama, BUMDesa sebagai motor ekonomi desa. Kedua, digitalisasi dalam implementasi produk dan aktivitas di desa. Ketiga, sustainability yakni ketangguhan dan kontinuitas membangun desa. Keempat, inovasi guna mendorong desa menjadi kreatif.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa Desa BRILiaN merupakan program pemberdayaan desa yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa yang diinisiasi BRI sebagai bentuk agent of development dalam mengembangkan desa.

Hingga akhir tahun 2023 tercatat terdapat 3.178 desa yang telah mendapatkan pemberdayaan Desa BRILiaN.

"Program ini diawali sejak tahun 2020 yang tidak lepas dari strategi perseroan untuk lebih dalam mengenal potensi wilayah dan merupakan salah satu bagian dari integrasi aktivitas pemberdayaan dan eksistensi mantri BRI bersama inisiatif-inistiatif lainnya yakni Klaster usaha binaan BRI, pasar.id, serta Hyperlocal Ecosystem yang merupakan suatu bentuk Ekosistem Konsolidasi Mikro," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA