Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia dan Filipina Teken Kerja Sama Bidang Energi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 11 Januari 2024, 14:43 WIB
Indonesia dan Filipina Teken Kerja Sama Bidang Energi
Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Filipina Ferdinand Bongbong Marcos Jr saat melakukan pertemuan bilateral, 10 Januari 2024/Ist
rmol news logo Filipina dan Indonesia menyepakati kerja sama di bidang energi setelah kedua kepala negara melakukan pertemuan bilateral pada Rabu (10/1).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melaporkan bahwa kunjungan antara Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr telah menghasilkan penandatangan kerja sama tersebut.

"MOU ini akan mempromosikan pengaturan jangka panjang untuk komoditas energi antara pemasok Indonesia dan pengguna Filipina, serta mendorong diskusi sektor usaha," kata Retno  dalam siaran pers disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya juga sepakat untuk saling membuka akses pasar, baik untuk komoditas Filipina ke Indonesia maupun sebaliknya.

Seperti diketahui, volume perdagangan kedua negara terus meningkat selama 5 tahun terakhir, bahkan naik lebih dari 16 persen pada tahun 2022, dengan angka perdagangan lebih dari 10 miliar dolar (Rp155 triliun), dan surplus di pihak Indonesia.

Kunjungan kerja yang dilakukan Jokowi ini bertepatan dengan  perayaan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Filipina, yang digunakan untuk memperkuat hubungan antar kedua negara. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA