Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Impor Indonesia dari Israel Turun Drastis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 16 November 2023, 16:30 WIB
Impor Indonesia dari Israel Turun Drastis
Ilustrasi/Net
rmol news logo Nilai impor Indonesia dari Israel tercatat mencapai 16,97 juta dolar AS atau senilai Rp 263,12 miliar, dalam periode Januari hingga Oktober 2023.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), mayoritas barang impor tersebut terdiri dari mesin, perkakas mekanik, hingga perlengkapan elektronik.

Selanjutnya, Indonesia juga mengimpor instrumen optik, fotografi, sinematografi, dan medis (HS90) serta bahan kimia anorganik dari Israel.

Menurut BPS, angka impor tersebut turun dibandingkan nilai impor tahun lalu, yang mencapai hingga 47,82 juta dolar AS atau Rp 741,52 miliar.

Sementara itu, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini mengatakan porsi ekspor Israel dari Januari-Oktober 2023 itu sangat kecil, yakni 0,07 persen terhadap total ekspor RI.

Menurut Pudji, perdagangan keduanya tidak terlalu berpengaruh terhadap perdagangan Indonesia di pasar internasiona.

"Sehingga dapat disimpulkan bahwa kondisi politik di kedua negara tersebut tidak signifikan berpengaruh terhadap kinerja perdagangan internasional Indonesia," kata Pudji dalam konferensi pers, Rabu (15/11). rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA