Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menjelaskan, penambahan kecepatan koneksi WiFi tersebut menjadikan Terminal 3 masuk dalam kategori terminal penumpang pesawat dengan koneksi WiFi tercepat di dunia.
"Kami bersinergi dengan Telkom dalam menghadirkan koneksi WiFi berkecepatan tinggi ini. Cukup banyak yang dapat dilakukan oleh penumpang pesawat dengan gadget yang terkoneksi WiFi berkecepatan 50 Mbps sehingga membuat waktu menunggu keberangkatan menjadi menyenangkan,†jelas dia dalam surat elektronik yang dikirimkan ke redaksi, Senin (17/10).
Dia menjelaskan, saat ini kecepatan koneksi WiFi di seluruh bandara AP II rata-rata 20 Mbps. Ke depannya, seluruh bandara akan diseragamkan seperti Terminal 3. Selanjutnya, yang menjadi target dalam waktu dekat ini adalah Bandara Internasional Kualanamu.
"Peningkatan kecepatan koneksi WiFi juga merupakan salah satu langkah awal kami dalam mengembangkan aspek teknologi informasi dan komunikasi di bandara-bandara AP II dalam program Airport Go Digital,†jelas Awaluddin.
Dia menjelaskan, untuk dapat mengakses layanan WiFi berkecepatan tinggi ini penumpang pesawat di Terminal 3 dapat memasukkan nomor telepon genggam di setiap sesi koneksi guna terhubung secara gratis selama 15 menit.
"Sementara itu, bagi yang membutuhkan koneksi lebih lama dapat memilih koneksi berbayar dengan tarif Rp 5.000,- untuk 1 jam, lalu Rp 20.000,- untuk 6 jam, dan Rp 50.000,- untuk 24 jam," terangnya.
Layanan WiFi dinilai merupakan salah satu kebutuhan paling utama bagi penumpang pesawat ketika mereka berada di bandara. Sejalan dengan hal tersebut, Skytrax juga menilai layanan WiFi dari tiga aspek yakni kemudahan akses, durasi bebas biaya, dan kecepatan koneksi, dalam menentukan rating dari suatu bandara.
Di samping meningkatkan layanan WiFi, sebagai bagian dari kampanye program Airport Go Digitial, AP II saat ini juga tengah mengembangkan platform smart airport mobile application yakni aplikasi di smartphone yang dapat mempermudah penumpang memanfaatkan atau menggunakan fasilitas-fasilitas di seluruh bandara yang dikelola perusahaan.
Adapun melalui peningkatan layanan WiFi dansmart airport application PT Angkasa Pura II (Persero) menargetkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat meraih rating Bintang 5 versi Skytrax dari saat ini Bintang 3.
[sam]
BERITA TERKAIT: