STARBOX Percepat UMKM Goes Digital

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 15 Desember 2015, 01:29 WIB
STARBOX Percepat UMKM Goes Digital
ilustrasi/net
RMOL. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui Divisi Business Service (DBS) resmi  meluncurkan sebuah produk solusi yang ditujukan bagi para pelaku UMKM Indonesia. Produk yang diberi nama STARBOX ini sebelumnya telah diperkenalkan, dengan distribusi kartu secara terbatas di beberapa titik di Jakarta.

STARBOX merupakan rebranding dari SHOPBOX yang diluncurkan pada Desember 2014. Produk ini adalah  sebuah solusi yang dimaksudkan lebih memudahkan pelaku bisnis UMKM menikmati konektifitas dan aplikasi BosToko sekaligus registrasi smartbisnis secara terintegrasi.

"Dalam perjalanannya, SHOPBOX cukup mendapat respon positif, terbukti selama setahun telah dinikmati 30.000 UMKM. Pada tahap ini, SHOPBOX masih didominasi  produk konektifitas. Lalu dalam perjalanannya, kami menerima banyak masukan dari UMKM yang menginginkan solusi lebih integrated. Bukan hanya konektifitas, namun beserta aplikasi-aplikasi yang berbasis mobile,” kata  Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin dalam sambutannya pada acara Launching STARBOX di Kalibata City Square Jakarta (14/12).

"Ini yang mendasari kami untuk segera melakukan rebranding. Dimulai dari proses Revitalisasi produk, yang sebelumnya hanya konektifitas berupa High Speed Internet (HSI) kini lebih dilengkapi dengan tambahan akses wi-fi jutaan UMKM dan starter-pack Telkomsel Simpati,” imbuh Awaluddin.

Ditambahkannya, STARBOX wujud komitmen Telkom senantiasa mendukung pengembangan UMKM Indonesia untuk lebih Maju, Modern dan Mandiri. "Kami yakin UMKM akan mampu mengambil peluang dan memenangkan persaingan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) melalui pemanfaatan ICT,” katanya.

Dengan penambahan akses tersebut, pelaku UMKM semakin mudah mendapatkan akses internet, baik melalui produk High Speed Internet dan wi-fi berbasis jaringan fiber optic maupun akses mobile dari Telkomsel.

"Selanjutnya, kami melakukan repackaging solusi. Jika sebelumnya paket yang ditawarkan hanya BosToko dan membership smartbisnis, kini jauh lebih lengkap. UMKM akan mendapatkan tambahan free membership : blanja.com, akuntingmudah.com, dan diskon khusus membership Jarvis-Store, plus aplikasi-aplikasi start-up binaan Telkom lainnya,” terangnya.

Telkom menargetkan satu juta UMKM pengguna STARBOX tahun 2016. Untuk mendukung dan memudahkan target tersebut dalam hal distribusi kartu, Telkom menggandeng jaringan Telesindo-Shop serta modern channel Alfa-Mart diseluruh Indonesia. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

FOLLOW US

ARTIKEL LAINNYA