Keunggulannya mampu menerobos segala medan tanpa takut lubang dan banjir.
Setidaknya, ada tiga pemain besar di segmen SUV, yaitu ToÂyota, Mitsubishi dan Honda, yang bersaing ketat menaÂwarÂkan keÂunggulan produk mereka.
PT Toyota Astra Motor (TAM) baru mengeluarkan SUV teranyar di kelas SUV meÂwah, yaitu Lexus LX 570, di JaÂkarta, Selasa (20/3). Sejak dipasarkan, Lexus LX 570 sudah ada 60 SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) dan Lexus GS 20 SPK. Lexus LX 570 menjadi primadona atau backÂbone Lexus di Indonesia.
“Kami tidak khawatir bersaing di kelas SUV dan tetap optimis produk SUV Toyota tetap lebih unggul dibanding kompeÂtitorÂnya,†jelas Direktur Pemasaran TAM Joko Trisanyoto saat dihuÂbungi Rakyat Merdeka di JaÂkarta, Jumat (30/3).
Pihak TAM, menurut Joko, untuk beberapa bulan ke deÂpan belum berencana memaÂsarÂkan produk baru di segmen SUV. Saat ini, mereka juga berkonÂsentrasi pada produk vaÂrian SUV sebelumÂnya dan All New Yaris yang baru diluncurkan.
Ketika ditanya soal dampak kenaikan harga BBM terhadap penjualan mobil, Joko meÂngaÂtakan, volume penjualan SUV akan turun.
“Sama seperti tahun 2005, ada dampaknya. Apakah itu segÂmen SUV atau produk lainÂnya. Ya, nantilah kita lihat perÂkemÂbaÂnganÂnya seperti apa,†ujarnya.
Untuk penjualan segmen SUV 2011, TAM mengklaim pasar high SUV kelas 4 x 2 di tahun 2011 tumbuh 28 persen menjadi 104.172 unit dibandingkan tahun 2010, dan hatchback tumÂbuh 25 persen menjadi 96.458 unit dibanÂdingkan tahun 2010 yang mencapai 77.225 unit. SeÂdangÂkan MPV hanya mengalami pertumÂbuhan 7 persen.
Sekalipun begitu, diakuinya, permintaan MPV masih lebih tinggi dibandingkan SUV dan hatchback. Pangsa pasarnya menÂcapai 40 persen lebih dari total penjualan mobil di IndoÂnesia. SeÂdangkan penguasaan paÂsar segÂmen SUV dan hatcback masing-masing 12 persen dan 11 persen.
Varian mobil yang termasuk SUV mulai dari dari Nissan TerÂrano, X-trail, Honda CRV, ForÂtuner, Harrier, Land Cruiser, HyunÂdai Tucson, Santa Fe, Ford Escape, Everest, Mitsubishi Pajero, Jeep Cherokee, Opel Blazer, BMW X5, Mercedes G Class, Range Rover, Hummer dan sebagainya.
Khusus penjualan SUV kelas atas yang dibanderol seharga Rp 350 juta-Rp 500 juta per unit. PangÂsa pasarnya masih didoÂmiÂnasi Mitsubishi Pajero Sport, ToÂyota Fortuner dan Honda CR-V.
Persaingan pasar mobil variÂan SUV tampaknya tetap meÂmaÂnas di sepanjang tahun ini. Pengamat otomotif Suhari SuÂhargo menilai, keunggulan SUV yang mampu mengaspal di dalam dan luar kota tetap menÂjadi pilihan konsumen.
“Kelas SUV tampaknya tetap menggeliat. Fenomena ini dikaÂrenakan kebutuhan masyarakat kota terhadap SUV yang tangÂguh meskipun harganya sedikit maÂhal,“ kata Suhari keÂpada Rakyat Merdeka. [Harian Rakyat Merdeka]
Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.
BERITA TERKAIT: