Berita

Foto: Korlantas Polri

Pertahanan

Korlantas Polri Sudah Persiapkan Antisipasi Libur Panjang Idul Adha

KAMIS, 08 SEPTEMBER 2016 | 09:55 WIB | LAPORAN:

Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Agung Budi Maryoto memimpin langsung apel antisipasi libur panjang Idul Adha, pagi ini (Kamis, 8/9). Upacara juga dihadiri perwakilan dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR.

Irjen Agung menyatakan, hal penting yang harus diperhatikan oleh anggota Korlantas selama libur Idul Adha tidak hanya terkonstentrasi pada saat mudik dan arus balik saja. Pengamanan saat salat Ied dan malam takbiran juga akan diperketat. Termasuk, pusat wisata dan pusat perbelanjaan.

"Kita hadir untuk mengamankan yang kebetulan akan mudik ke kampung halaman. Karena itu saya ingatkan, berkaitan dengan pengamanan libur panjang, kita tidak boleh lengah dan harus waspada," ujar Irjen Agung Budi saat pidato apel di lapangan Korlantas Polri, Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan.

Polisi sendiri sudah menyiapkan skenario mengantisipasi kemacetan di libur Idul Adha. Rekayasa lalu lintas akan dimulai dari Jakarta hingga Brebes exit timur atau Brexit.

"Tentunya kita siap melakukan pelayanan dan khusus lebaran Idul Adha ini kita pengendalian atau rekayasa lantasnya tidak hanya fokus pada Brebes Timur. Kita sudah koordinasi nanti pengendaliannya mulai dari Tol Dalam Kota kemudian Cikunir, Cikarang Utama, Karawang Barat, Karawang Timur, Cikopo, kemudian ke arah Cipali termasuk Pejagan, Palimanan yang berakhir pada Brebes Timur," papar jenderal bintang dua tersebut.

Agung menjelaskan, jika terjadi kepadatan di Brebes Timur, maka akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas mulai dari Jakarta.

"Misalkan sudah terjadi kepadatan di Brebes Timur kurang lebih 2-3 KM atau 4 KM sudah terjadi, maka akan saya delay TL-nya, lampu merah akan lebih lama durasinya daripada lampu hijau untuk mengendalikan. Termasuk juga di gate Cikarang Utama kalau sekarang tolnya dibuka ada 28 pintu, maka akan saya kurangi," urainya.

"Saya sudah koordinasi dengan BPJT akan kita kurangi, bukan menghambat, untuk mengendalikan sehingga mengurangi jumlah kendaraan secara perlahan-lahan yang akan melintas di Tol Cikampek, Cipali, atau Cipularang yang akan ke Bandung," terangnya lebih lanjut.

Pun demikian jika terjadi kemacetan sampai 5 KM di Brebes Timur, maka arus lalu lintas dialihkan ke Palimanan kemudian ke Pejagan.

Selain itu Irjen Agung menyebutkan bahwa penemuan barang mirip bom di Jawa Tengah juga menjadi perhatian dari Kakorlantas. Karena itu, Agung meminta kewaspadaan penuh anggotanya saat bertugas baik di jalan maupun di pusat-pusat keramaian.

"Pengamanan tidak boleh sendiri dalam satu pos, minimal dua atau tiga anggota yang berjaga. Fungsinya selain untuk bergantian tugas juga untuk body system atau perlindungan," tambahnya.

Agung mengingatkan kepada anggotanya untuk selalu bersikap humanis dan jangan arogan pada masyarakat yang memerlukan bantuan. Hal tersebut untuk meningkatkan simpati dan tingkat kepercayaan masyarakat pada kepolisian.

"Tidak boleh bersifat arogan tapi humanis. Berikan senyum, sapa dan salam pada yang butuh bantuan kita," pungkasnya.[wid]






Populer

Makin Ketahuan, Nomor Ponsel Fufufafa Dicantumkan Gibran pada Berkas Pilkada Solo

Senin, 23 September 2024 | 09:10

Warganet Beberkan Kejanggalan Kampus Raffi Ahmad Peroleh Gelar Doktor Kehormatan

Senin, 30 September 2024 | 05:26

WNI Kepoin Kampus Pemberi Gelar Raffi Ahmad di Thailand, Hasilnya Mengagetkan

Minggu, 29 September 2024 | 23:46

Kejagung di Bawah ST Burhanuddin, Anak Buah Jalan Masing-masing

Rabu, 25 September 2024 | 17:11

Akun Fufufafa Ganti Nama dari Gibran jadi Slamet Gagal Total

Senin, 23 September 2024 | 08:44

Warganet Geram Bahlil Bandingkan Diri dengan Rasulullah: Maaf Nabi Tidak Minum Alkohol

Kamis, 26 September 2024 | 07:43

Lagu Akun Fufufafa Cari Kambing Hitam Viral

Senin, 23 September 2024 | 07:59

UPDATE

Kebakaran terjadi di Cafe Mal Ciputra

Jumat, 04 Oktober 2024 | 02:05

Warganet Desak Raffi Ahmad Kembalikan Gelar Doktor HC

Jumat, 04 Oktober 2024 | 01:39

Pola Debat Pilkada Jakarta Tak Meniru Debat Pilpres

Jumat, 04 Oktober 2024 | 01:27

Judol Turunkan Kelas Menengah di Indonesia

Jumat, 04 Oktober 2024 | 01:12

Biden Bahas Potensi Serangan Israel di Kilang Minyak Iran

Jumat, 04 Oktober 2024 | 00:45

Ini Bocoran Sosok Pimpinan DPRD DKI Jakarta Dilantik Jumat Siang

Jumat, 04 Oktober 2024 | 00:44

Buntut Pembubaran Diskusi FTA di Kemang, Aktivis Minta Polisi Disanksi

Jumat, 04 Oktober 2024 | 00:13

Mantan Ketua DPRD Kasih Pramono-Rano Kisi-kisi Masalah Jakarta

Jumat, 04 Oktober 2024 | 00:02

Kapolda Lampung Getarkan Semangat Pilkada Damai Lewat Petikan Gitar

Kamis, 03 Oktober 2024 | 23:52

Baznas dan MUI Terbitkan Buku Jusuf Kalla Mujahid Perdamaian Dunia

Kamis, 03 Oktober 2024 | 23:39

Selengkapnya