Dimensy.id
R17

Lenovo Kembangkan Laptop Canggih dengan Layar Transparan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 26 Februari 2024, 11:51 WIB
Lenovo Kembangkan Laptop Canggih dengan Layar Transparan
Ilustrasi Project Crystal/Net
rmol news logo Perusahaan teknologi China yang terkenal dengan perangkat komputer canggih, Lenovo, saat ini dilaporkan sedang mengembangkan Project Crystal, laptop pertama di dunia dengan layar micro LED transparan.

Engadget melaporkan, perangkat konsep terbaru Lenovo ditugaskan oleh divisi ThinkPad untuk mengeksplorasi potensi panel mikroLET transparan dan integrasi AI.

Konsep layar transparan diciptakan bertujuan memudahkan saat seseorang ingin menunjukkan tampilan layar ke orang lain, misalnya saat meeting.

Dengan konsep terbaru pengguna tidak perlu membalik layar dan cukup membalikkan tampilan melalui perangkat lunak, sehingga siapa pun di sisi lain dapat melihatnya.

Jika digabungkan dengan kamera yang terpasang di bagian belakang sistem, Lenovo mengatakan kemungkinan ada aplikasi AR. Salah satu contohnya adalah penggunaan kamera untuk mengidentifikasi suatu objek, mirip dengan Google Lens.

Selain layar transparan, perubahan desain lainnya ada pada keyboard, di mana Project Crystal menampilkan salah satu pengganti berbasis sentuhan Lenovo yang serupa dengan yang ada di Yoga Books lama.

Sayangnya, keyboard jenis ini masih mengalami banyak masalah, salah satunya akurasi ketikan. Lenovo mengatakan AI mungkin dapat mengatasinya di masa depan dengan mempelajari kebiasaan mengetik seseorang.

Saat ini, layar mikroLED baru digunakan untuk beberapa gadget mutakhir seperti The Wall dari Samsung atau Vision Pro dari Apple . Dan, versi tembus pandang hanya terlihat sebagai konsep seperti pada TV microLED transparan yang dipamerkan Samsung beberapa bulan lalu di CES 2024. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA