Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Irjen Dedi Cek Langsung Gladibersih Rikpil Catar Akpol di Semarang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Rabu, 24 Juli 2024, 20:40 WIB
Irjen Dedi Cek Langsung Gladibersih Rikpil Catar Akpol di Semarang
Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri) Irjen Dedi Prasetyo/Ist
rmol news logo Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri) Irjen Dedi Prasetyo memantau langsung gladibersih pemeriksaan penampilan atau disingkat Rikpil yang menjadi tes terakhir dari serangkaian tes masuk taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di Gedung Serbaguna Akpol, Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (24/7). 

Tahap Rikpil sendiri rencananya akan dipimpin langsung Wakapolri Komjen Agus Andrianto pada Kamis (25/7). 

Selama gladibersih, Irjen Dedi nampak memperhatikan langkah Calon Taruna (Catar) saat berbaris memasuki Gedung Serbaguna Akpol, yang menjadi tempat Rikpil. 

Dalam tahap Rikpil, Wakapolri dan para pejabat utama Polri akan bertemu tatap muka dengan seluruh peserta tes. 

Pertemuan ini bertujuan untuk melihat kesesuaian penilaian tertulis atau hasil serangkaian tes yang sudah diinput panitia. 

Dimana, penilaian fisik meliputi ekspresi atau raut wajah, postur tubuh, suara, cara bicara, sikap gerak, dan cara berjalan. 

Saat ini, total ada 492 orang Catar Akpol, putra maupun putri yang sedang mengikuti seleksi masuk Akpol tingkat pusat di Kota Semarang. Tahap seleksi mulai dari pemeriksaan administrasi, tes akademik, asesmen mental ideologi, pemeriksaan psikologi, penelusuran mental kepribadian, uji kesamaptaan jasmani dan anthropometri, hingga pemeriksaan penampilan. 

Untuk diketahui, panitia seleksi tingkat pusat Akpol dari Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri akan menutup proses seleksi dengan menggelar sidang kelulusan akhir tingkat akhir pada Senin (29/7).rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA