Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polri Siapkan Jalur Arteri Antisipasi Kemacetan Tol Trans Jawa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Senin, 15 April 2024, 20:37 WIB
Polri Siapkan Jalur Arteri Antisipasi Kemacetan Tol Trans Jawa
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kanan) di Kantor Jasa Marga KM 70 Tol Cikampek Utama, Jawa Barat, Senin (15/4)/RMOL
rmol news logo Jalur arteri baik di sepanjang pantai utara (Pantura) dan pantai selatan (Pansela) jadi rute alternatif menuju Jakarta bila ruas tol terjadi kemacetan parah saat puncak arus balik Lebaran 2024.

Kemacetan parah itu diprediksi terjadi Senin (15/4) hingga Selasa (16/4).

Sejauh ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menyiapkan petugas di jalur-jalur arteri tersebut.

"Apabila nanti terjadi kepadatan dan kemudian lalu lintas tidak bisa bergerak atau stuck, maka kita akan buka untuk masuk jalur arteri untuk beberapa waktu," kata Sigit di Kantor Jasa Marga KM 70 Tol Cikampek Utama, Jawa Barat, Senin (15/4).

Meski mempersiapkan jalur, Sigit mengungkapkan, saat membuka rute arteri itu, petugas di lapangan tetap memperhatikan volume kendaraan hang melintas.

Sebab jalur arteri tak dapat menampung kendaraan sebanyak di ruas tol, apalagi di sisi kanan jalan banyak terdapat pemukiman warga.

"Kita atur kalau memang di jalur arteri maksimal itu per jamnya hanya 800 kendaraan, apabila lebih dari itu kita tidak akan masukkan. Tentunya akan kita lakukan dengan hati-hati dengan menghitung dari sisi kepadatan yang ada dan daya tampung di jalur tol dan jalur arteri sehingga kemudian 2-2nya bisa berjalan dengan baik," pungkas Sigit.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA