Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antrean Panjang Pelabuhan Merak

Dirlantas Polda Banten: Jumlah Dermaga Tidak Sebanding Volume Kendaraan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Minggu, 07 April 2024, 01:02 WIB
Dirlantas Polda Banten: Jumlah Dermaga Tidak Sebanding Volume Kendaraan
Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Banten Kombes Leganek Mawardi/Ist
rmol news logo Terjadi antrean panjang hingga mencapai KM 96 tepatnya 1 km sebelum gerbang tol Merak di H-4 sebelum Lebaran pada Sabtu (6/4).

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Banten Kombes Leganek Mawardi pun menjelaskan penyebab terjadinya antrean tersebut.

"Terjadi antrean menuju Pelabuhan Merak dikarenakan meningkatnya volume kendaraan dari arah Jakarta yang akan menggunakan jasa penyeberangan Pelabuhan Merak ASDP dengan tujuan Pulau Sumatera, dimana jumlah dermaga pelabuhan tidak sebanding dengan volume kendaraan yang masuk," kata Leganek kepada wartawan.

Guna mengantisipasi antrean terulang, Direktorat Lalu Lintas melakukan beberapa langkah.

"Untuk mengatasi hal tersebut kami akan melakukan penundaan keberangkatan atau Delay System di rest area KM 43 A, rest area KM 68 A, maupun ruas jalan Cikuasa atas sebelum fly over Merak," ujar Leganek.

Selanjutnya Dirlantas menerangkan bahwa delay system pada ruas jalan Cikuasa atas dimaksudkan agar tidak mengganggu aktivitas warga lokal, karena hanya terdapat 1 akses jalan yang menuju ke pelabuhan dan itu juga digunakan untuk masyarakat sekitar Pelabuhan Merak.

Untuk menunjang kenyamanan saat pelaksanaan delay system petugas telah menyiapkan fasilitas-fasilitas yang diperlukan.

"Dalam pelaksanaan delay system petugas juga telah menyiapkan makanan ringan dan minuman serta menyiapkan fasilitas lain seperti toilet umum kepada para pemudik yang disiapkan di pinggir jalan tol," pungkas Dirlantas.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA