Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Face Recognition jadi Cara Polri Cegah Joki Saat Buat SIM di Satpas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Kamis, 22 Juni 2023, 19:17 WIB
<i>Face Recognition</i> jadi Cara Polri Cegah Joki Saat Buat SIM di Satpas
Ujian praktik pembuatan SIM di Satpas Polda Metro Jaya/RMOL
rmol news logo Korps Lalu Polri memastikan tidak ada calo dan joki saat mengajukan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Direktur Regident Korlantas Polri, Brigjen Yusri Yunus mengatakan, dalam upaya memberantas calo dan joki tersebut, pihaknya menerapkan face recognition saat pengajuan pembuatan SIM..

Artinya, dengan face recognition wajah pemohon SIM akan masuk dalam sistem dan terdata.

"Sekarang pakai face recognition masuk ke ruangan itu. Kalau enggak muka yang bersangkutan mau ujian, tidak akan bisa ikut masuk ke dalam ujian," kata Yusri di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (22/6).

Bahkan, pehomon SIM sebelumnya diminta tunggu dalam satu ruangan prototype yang penuh layar dan buku berisi materi ujian teori SIM.

Dari situ, pemohon SIM akan belajar dan mengetahui soal-soal yang keluar dalam ujian nanti

"Ada 520 soal di sini, tapi nanti yang diujikan adalah 65 soal dengan 4 bagian utama. Biar masyarakat ini belajar dulu. Jadi nggak kaget-kaget kayak zaman dulu. Ini ujian teori," terangnya.

"Kami bikin soal-soalnya semuanya, yang aplikatif di lapangan yang dihadapi pengendara-pengendara ujian teorinya. Tapi dalam bentuk animasi film kartun. Tinggal ya atau tidak, boleh atau tidak. Itu soal-soalnya pilihan ganda," demikian mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA