Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertanyakan Reshuffle di Sisa Setahun Pemerintahan Jokowi, Pangi: Menteri Baru Bisa Berbuat Apa?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 16 Maret 2023, 01:20 WIB
Pertanyakan Reshuffle di Sisa Setahun Pemerintahan Jokowi, Pangi: Menteri Baru Bisa Berbuat Apa?
Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago/Ist
rmol news logo Masa jabatan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres KH Maruf Amin yang hanya tinggal satu tahun lagi membuat wacana reshuffle dianggap tidak relevan kalau bertujuan untuk memperbaiki kinerja pemerintahan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, kepada wartawan, Rabu (15/3).

Menurut dosen Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah tersebut, reshuffle saat ini sudah tidak penting lagi kalau hanya sebatas mendepak menteri yang dianggap membelot dari pemerintah.

"Karena, apa gunanya reshuffle dengan sisa waktu sekitar satu tahun lebih, menteri baru bisa berbuat apa? Apalagi tidak ada jaminan juga menteri baru akan bisa beradaptasi cepat," ujar Pangi.

Sehingga, dia menambahkan, melakukan reshuffle dengan masa tugas setahun lagi tidak akan memperbaiki kinerja para pembantu Jokowi.

"Bukannya menteri jadi lebih baik, justru makin buruk, karena harus memulai dari nol lagi, harus improvisasi lagi. Jelas merusak iklim bekerja di kementerian tersebut, karena merasa lebih tahu lebih paham. Padahal boleh jadi kelinci percobaan," demikian Pangi. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA