Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tolak Privatisasi, Ribuan Pekerja Pertamina Demo di Kementerian BUMN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 16 Februari 2023, 15:38 WIB
Tolak Privatisasi, Ribuan Pekerja Pertamina Demo di Kementerian BUMN
FSPPB bersama SPPSI demonstrasi tolak privatisasi PT PGE/Ist
rmol news logo Ribuan massa buruh dari elemen Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) bersama Serikat Pekerja Pertamina Seluruh Indonesia (SPPSI) hingga Serikat Pekerja Celebes Pertamina UPms VII melakukan aksi unjuk rasa di area Patung Kuda, Jakarta Pusat, pada Kamis siang (16/2).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Aksi mereka digelar di sejumlah titik. Diawali aksi di Kementerian BUMN, dilanjut ke Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan berakhir di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat seberang Istana Negara.

Mereka menolak upaya Kementerian BUMN yang ingin melakukan privatisasi PT Pertamina (Persero) pada PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), melalui penawaran perdana saham kepada publik atau initial public offering (IPO).

“Kami seluruh pekerja Pertamina Indonesia menolak proses IPO (PGE) karena itu proses privatisasi Pertamina kepada swasta dan asing,” tegas Ketua Umum Serikat Pekerja Celebes Pertamina UPms VII Fakhrul Islam dalam orasinya.

Sebab, kata Fakhrul, PT Pertamina hingga saat ini masih dalam kondisi yang baik-baik saja tanpa perlu diprivatisasi untuk kepentingan asing.

Terlebih, PT PGE sebagai bagian dari Pertamina yang mengelola Energi Baru Terbarukan (EBT) tetap menjadi masa depan elektrifikasi Indonesia.

Atas dasar itu, pihaknya mempertanyakan upaya privatisasi Pertamina melalui aksi korporasi yang demikian itu.

“Lalu ada apa dengan manajemen PT PGE? Apakah ada pihak lain yang harus bertanggungjawab?” pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA