Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertemuan SBY dan Surya Paloh, Konfirmasi Koalisi Pemerintah Pecah?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 10 Juni 2022, 03:57 WIB
Pertemuan SBY dan Surya Paloh, Konfirmasi Koalisi Pemerintah Pecah?
Pertemuan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Nasdem Tower, Jakarta/Net
rmol news logo Pertemuan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Nasdem Tower, Jakarta, pada Minggu malam (5/6), seolah mengkonfirmasi adanya perpecahan diantara partai politik koalisi pemerintah.

Bukan tanpa alasan, kata Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) Khoirul Umam, pandangan itu menjadi amsuk akal karena selama ini Partai Demokrat selalu dipojokkan dalam posisinya sebagai oposisi.

"Jika partai oposisi sudah berkomunikasi langsung dengan partai-partai pemerintahan, itu mengonfirmasi sudah pecahnya koalisi pemerintahan saat ini," kata Khoirul Umam kepada wartawan, Kamis (9/6).

Pada prinsipnya, dia memandang pertemuan SBY dan Surya Paloh sebagai satu langkah progresif. Pasalnya, sebelumnya Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono sudah lebih dulu bertemu Surya Paloh.

Bahkan, lanjutnya, jika ditarik pada potensi lebih besar, bukan tidak mungkin pertemuan SBY dan Surya Paloh akan berujung pada kesepakatan berkoalisi di Pemilu Serentak 2024.

"Sebagai kelanjutan dari pertemuan AHY dan SP sebelumnya, pertemuan SBY, AHY dan SP kali ini semakin membuka kemungkinan terbentuknya koalisi baru," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA