Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antisipasi Kemacetan di Masa Lebaran, Polres Lamongan Terapkan Mantra

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 06 Mei 2022, 00:00 WIB
Antisipasi Kemacetan di Masa Lebaran, Polres Lamongan Terapkan Mantra
Polisi saat mengatur lalu lintas di Lamongan/RMOLJatim
rmol news logo Lebaran memunculkan peningkatan volume arus lalu lintas di berbagai daerah tanpa terkecuali. Seperti yang terjadi di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, saat masyarakat melakoni libur lebaran tahun ini.

Nah, dalam rangka mencegah kemacetan lalu lintas di jalur nasional, Polres Lamongan memberlakukan Mantra (Manual Traffic Arrangement). Ini adalah solusi pengaturan lalu lintas tanpa traffic light.

Traffic light merupakan alat bantu pengaturan lalu lintas melalui kajian terlebih dahulu, sedangkan saat lebaran ini dibutuhkan satu pengambilan keputusan yang cepat melihat situasi dan kondisi di lapangan.

"Mantra ini merupakan langkah Polres Lamongan dan merupakan salah satu bentuk diskresi kepolisian untuk kemaslahatan bersama, karena petugas bisa mengambil keputusan mana yang perlu untuk diprioritaskan sehingga arus lalu lintas dapat berjalan lancar," terang Kapolres Lamongan, AKBP Miko Indrayana, dikutip Kantor Berita RMOLjatim, Kamis (5/5).

Peningkatan arus lalu lintas memang telah diprediksi pada hari ketiga lebaran. Maka dari itu Polres Lamongan telah menyiagakan patroli urai kemacetan yang dinamakan Patroli Cekal (Cegah Kemacetan dan Kecelakaan Lalu Lintas).

"Melalui petunjuk bapak Kapolres, satlantas Polres Lamongan menyiagakan tim Patroli Cekal dan penebalan personel satlantas serta mempersiapkan rekayasa jalan yang sesuai seperti terminal sementara babat, mantra, buka tutup arus," ucap Kasat Lantas Polres Lamongan, AKP Aristianto.

Dia meminta masyarakat bisa mengikuti petunjuk dan arahan dari petugas kepolisian di lapangan agar tercipta kamseltibcar lantas yang kondusif.

"Jangan mengemudi dalam keadaan lelah dan dapat beristirahat di pos pos yang telah disiapkan oleh Kepolisian," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA